Mala Komalasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pendampingan Individu 4 Program Guru Penggerak Angaktan 8

Minggu ini, saya sedang disibukan dengan kegiatan pendampingan individu 4 proram guru penggerak angaktan 8. Selama lima hari, saya mendatangi CGP yang saya dampingi untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan dari program guru penggerak ini.

Fokus pendampingan individu 4 ini adalah observasi di kelas terkait implementasi pembelajaran berdiferensiasi, budaya positif, dan penerapan kompetensi sosial emosional. Sebelum melakukan pendapingan, saya sudah berkoordinasi bersama CGP yang akan saya bimbing terkait RPP yang akan digunakan. CGP mengumpulkan RPP kemudian direvisi oleh PP dikembalikan lagi ke CGP.

Proses pendampingan dimulai dengan pra obsevasi yaitu PP melakukan coaching kepada CGP terkait pembelajara yang akan dilakukan di kelas. Hal tersebut meliputi tujuan pembelajaran, sasaran pembelajaran, media pembelajarna, target dari pembelajaran yang dilakukan serta hal lain yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan dilakukan.

Setelah melakukan coaching pra observasi, PP masuk ke dalam kelas untuk melihat pembelajaran yang dilaukan oleh CGP. CGP mengajar di kelasnya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, budaya positif, dan kompetensi sosial emosional sesuai dengan RPP yang telah direvisi sebelumnya. PP menjadi observer untuk melihat dan menilai yang dilakukan CGP selama di kelas. PP menilai berdasarkan instrumen yang telah disediakan.

Setelah selesai CGP mengajar di kelas, PP dan CGP melakukan coaching pasca observasi. Pada kegiatan ini, PP memberikan penialian dan masukan terkait pembelajaran yang telah dilakukan oleh CGP di kelas. Selain itu, CGP juga memaparkan hal-hal yang telah dilaukan selama di kelas.

Nah itulah yang dilakukan PP dan CGP untuk pendampingan individu 4.

terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post