Maman Suherman

Saya tinggal di Majalengka Jawa Barat. Saya guru di SMK Negeri 1 Panyingkiran Kab. Majalengka. Pernah mengajar di SMPN 2 Panggarangan Kab. Lebak, SMPN 1 P...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENILAIAN AKHIR SEMESTER BERBASIS KOMPUTER  SEBUAH TANTANGAN DI TENGAH PANDEMI

PENILAIAN AKHIR SEMESTER BERBASIS KOMPUTER SEBUAH TANTANGAN DI TENGAH PANDEMI

Mengacu pada Kalender Pendidikan Tahun pelajaran 2021/2022 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bahwa Penilaian Akhir Semester (PAS) ditetapkan  di awal bulan Desember 2021. Meskipun Surat Edaran atau Pedoman Pelaksanakan PAS Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 belum diterima, SMK Negeri 1 Panyingkiran siap melaksanakan PAS Ganjil mulai 29 November s.d. 13 Desember 2021. Hal ini juga merupakan keputusan rapat dinas yang dilaksanakan di lingkungan SMK Negeri 1 Panyingkiran.

Satu keputusan rapat dinas tersebut adalah pelaksanaan PAS Ganjil memanfaatkan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer hasil pengembangan guru SMK Negeri 1 Panyingkiran Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Selama ini SMK Negeri 1 Panyingkiran memanfaatkan aplikasi ujian produk pihak lain yang banyak tersedia secara gratis. Pemanfaatan Aplikasi produk sendiri ini juga merupakan sebuah tantangan yang diberikan oleh Kepala Sekolah kepada guru kejuruan untuk menciptakan sebuah inovasi yang dapat dimanfaatkan minimal oleh sekolah sendiri. Aplikasi Ujian Berbasis  Komputer dinamai KUDAPAN, akronim dari Kegiatan Ujian Daring Panyingkiran.

Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer (PAS-BK) pada semester ini merupakan kegiatan pertama kali selama masa Pandemi dilaksanakan secara langsung dengan menghadirkan siswa di sekolah. Tentu saja kegiatan ini tetap mengutamakan Protokol Kesehatan sesuai arahan Satgas Penanggulangan Covid-19 dengan harapan bagaimanapun Kesehatan Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Siswa adalah hal utama yang harus diperhatikan.  Atas dasar itulah, Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer (PAS-BK) yang diikuti oleh seluruh siswa tiap jenjang yaitu sebanyak 1.389 siswa dikondisikan sebagai berikut :

1.     PAS-BK dibagi dalam tiga jenjang dan tiga sesi setiap jenjangnya;

2.     Kelas 12 dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 29 November s.d. 1 Desember 2021;

3.     Kelas 11 dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 02 Desember s.d. 07 Desember 2021;

4.     Terakhir kelas 10 dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 08 Desember s.d. 13 Desember 2021;

5.     PAS-BK setiap jenjang dibagi tiga sesi yang terbagi dalam tujuh ruang ujian dengan kapasitas ruang ujian untuk 24 – 25 peserta ujian.

Kegiatan PAS-BK dikawal oleh tujuh Proktor dan satu Proktor Utama serta diawasi oleh tujuh Pengawas Ruang dan Pengawas Utama setiap harinya. Proktor dan Pengawas adalah guru yang ditunjuk sesuai SK Kepala Sekolah dan bertugas sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing yang sudah ditentukan dalam Pedoman dan Program Penilaian Akhir Semester Ganjil SMK Negeri 1 Panyingkiran Tahun Pelajaran 2021/2022.

Pelaksanaan PAS-BK  diharapkan dapat mengukur Kompetensi siswa sesuai dengan Tujuan Pendidikan, Tujuan Sekolah, Tujuan Program Keahlian, dan Tujuan Pembelajaran setiap mata pelajaran yang sudah ditetapkan, serta dapat terwujudnya visi sekolah Menghasilkan Lulusan yang Berkarakter, Siap Kerja, dan Terampil , semoga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post