MANGATUR PANJAITAN

GURU DI SMAN 16 BATAM [email protected]...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bertambah ilmu disaat pandemi corona
Saat berkegiatan

Bertambah ilmu disaat pandemi corona

 

 

Virus corona mulai diketahui masyarakat Indonesia pada tahun 2020 dibulan Maret. Setelah diketahui adanya wabah virus corona diberbagai daerah di Indonesia, berbagai elemen pemerintah mulai dari pemerintah pusat hingga daerah serta masyarakat melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran dengan berbagai macam bentuk aksi untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut. Beberapa hal yang terjadi dengan adanya wabah virus corona yakni segi kesehatan, adanya penderita yang dirawat dibeberapa rumah sakit hingga berujung kematian karena terpapar virus corona. Segi pendidikan, tenaga pendidik dan pelajar melakukan pekerjaan dan pembelajaran dari rumah secara online melalui daring dan luring. Segi sosial dan ekonomi, beberapa perusahaan mengurangi tenaga kerja secara sepihak. Segi sarana dan prasarana, beberapa transportasi darat/laut/udara menghentikan pengoperasiannya, dirumah ibadah untuk sementara waktu tidak melakukan kegiatan seperti biasannya (beribadah dirumah atau ibadah secara online) dan penutupan portal di pintu gerbang keluar masuk dibeberapa perumahan. Dengan adanya pandemi corona secara tidak langsung masyarakat Indonesia diingatkan sekaligus diajarkan akan hal pentingnya transformasi/ perubahan kearah yang lebih terperinci lagi yakni masuknya zaman digital. Disana-sini segala kegiatan akan dan telah menjadi bukti nyata melakukan aktivitas digital melaui aktivitas online atau tanpa tatap muka. Yang sangat merasakan akan zaman digital tersebut yakni didunia pendidikan. Para tenaga pendidik dan anak yang didiknya langsung, telah menjadi suatu aktivitas yang tidak baru lagi oleh karena para pendidik dan anak didiknya dihadapkan dengan situasi yang serba digital. Mau tidak mau, suka tidak suka, dan tahu tidak tahu mereka telah masuk dalam era digital. Pengalaman penulis sendiri dalam masa pandemi yakni banyak mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan, seminar, mengajar dan rapat melalui beberapa aplikasi. Beberapa aplikasi yang ada/ tersedia saat ini secara online yakni zoom , google meet, webex, Microsoft 365 dan lain sebagainya. Dengan situasi saat ini penulis mendapatkan berapa pengalaman indah, dari yang belum mengenal menjadi mengenal, dari yang belum mahir menjadi mahir.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post