Firma Gumilar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Visi Guru Penggerak

Visi Guru Penggerak

Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak Serta Visi Guru Penggerak, memiliki keterkaitan dalam mewujudkan Visi Guru Penggerak dengan mengimplementasikan manajemen perubahan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA

Filosofi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara itu memiliki dasar bahwa Pendidikan itu Menuntun, Berpihak Pada anak, sesuai dengan Kodrat alam dan Kodrat Zaman, dan menerapkan Budi Pekerti, dari pemikiran tersebut dapat disimpulkan bahwa Filosofi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara itu menitikberatkan kepada anak, atau menghamba kepada anak, sehingga anak di berikan kebebasan atau kemerdekaan dalam belajarnya, kita sebagai guru bertugas untuk menuntun, selanjutnya bahwa dasar pendidikan itu harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, kodrat alam berkatian dengan lingkungan tempat tinggal siswa, guru juga harus menuntuk anak anak dalam pendidikan saat ini dimasa Era Society 5.0 anak anak diharapkan dapat memiliki keterampilan yang sesuai dengan zaman atau masa dimana anak tersebut mengalami hidup nya.

Setiap Individu anak itu berbeda dan Unik, Mereka Berhak mendapatkan perlakuan berbeda agar bisa bertumbuh dan berkembang. Ini merupakan tantangan bagi guru agar dapat memberikan ruang dan kebebasan bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang semestinya, Pembelajaran yang berpusat pada murid, mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif merupakan nilai nilai yang harus melekat pada seorang guru

Guru juga harus memiliki peran yang baik dalam mewujudkan visi pembelajaran diantarnya : Menjadi pemimpin pembelajaran, Menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan Kepemimpinan murid.

Terwujudnya generasi literat dan menjadi Insan Pelajar Pancasila

Anak diharapkan menjadi generasi literat dan memiliki keterampilan yang sesuai dengan zamannya dan menjadi insan Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkbhinekaan Global, Bergotong royang, mandiri, bernalar krtitis dan Kreatif.

Dalam mewujudkan Visi tersebut, sebagai calon guru penggerak harus memahami konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan memiliki Nilai dan Peran Guru. Dengan Penerapan Pendekatan Inkuiri Apresiatif metode BAGJA diharapkan menjadi solusi dalam mewujudkan Visi Guru Penggerak.

Penerapan Pendekatan Inkuiri Apresiatif metode BAGJA yang telah dilakukan yaitu mencari kekuatan yanag luar biasa untuk melakukan perubahan. Keterkaitan Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Nilai Peran Guru Penggerak didapatkan salah satu yaitu Berpihak pada murid, Realisasi dari kegiatan tersebut dengan menerapkan Pembelajaran Diferensiasi. Dengan Penerapan enerapan Pendekatan Inkuiri Apresiatif metode BAGJA dengan Pembelajaran Diferensiasi dapat diamati bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi siswa, sehingga guru lebih tertantang lagi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran salah satunya pembelajaran bediferensiasi,

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post