Manik Indraprasti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kekuatan Doa Bersama

Sebuah kisah lama dari tumpukan yang terbuang

Seperti biasa saya mengawali pelajaran dengan meminta salah seorang siswa memimpin berdoa bersama sebelum belajar.

Suatu hari saya ingin melakukan sedikit perbedaan. Setelah kami membaca Shalawat dan Salam kepada Junjungan umat Muslim, Rasulullah SAW, Surat Al- Fatihah kemudian dilanjutkan dengan Doa Sebelum Belajar, saya tambahkan dengan berdoa untuk teman-teman, keluarga dan sanak saudara mereka.

Doa untuk teman-teman berisi permohonan kepada Allah SWT agar teman-teman mereka yang saat ini tidak masuk karena sakit segera sembuh. Juga untuk teman-teman yang tidak masuk hari ini karena malas segera diberi hidayah agar diberi semangat untuk kembali bersekolah belajar bersama.

Dalam doa untuk keluarga kami memohon agar Sang Khalik memberikan perlindungan jiwa dan raga serta rahmat-Nya kepada orang tua, saudara-saudara kandung serta handai taulan sehingga sepulang sekolah nanti kami dapat berkumpul lagi.

Selagi kami berdoa sebagian kecil siswa mulai berbisik-bisik dan tertawa cekikikan membuat sedikit suara berisik. Saya dan anak-anak lainnya tidak menghiraukannya. Lalu kami tutup doa dengan doa Sapu Jagad, dan mengucapkan Amiin bersama-sama.

Kegiatan berdoa ini saya lakukan terus menerus setiap awal pelajaran. Suasana di kala berdoa mulai berubah. Siswa yang semula membuat berisik saat doa belum berakhir mulai bersikap tenang, mau mengikuti pembacaan doa hingga selesai, dan mengakhiri doa dengan tertib. Terkadang kami pun menghentikan sejenak kegiatan belajar untuk mendoakan keluarga teman yang mendapat musibah hari itu.

Hasil dari berdoa ini secara perlahan namun pasti mulai terlihat. Satu demi satu murid-murid yang semula rajin membolos karena malas, mulai rajin bersekolah, duduk bersama dengan teman-temannya, memperhatikan pelajaran dengan lebih baik. Murid-murid yang sering sakit mulai menampakkan kemajuan dalam kesehatannya.

Murid-murid pun merasa betah berada di sekolah terutama di kelas masing-masing. Tali pertemanan dan persahabatan pun mulai terjalin kembali sehingga jarang muncul keinginan untuk saling mengejek dan berlaku kasar di antara mereka. Suasana di kelas menjadi ramai namun keutuhan pertemanan terasa solid.

Rekan-rekan guru juga merasakan perkembangan yang membaik ini.

Saya pun berharap semoga suasana ini berlangsung selamanya.

Dengan terjalinnya hubungan persahabatan yang baik di antara mereka akan terpiculah semangat untuk terus belajar bersama, untuk terus berbuat baik terhadap teman, saling menghargai satu sama lain serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama manusia siapapun mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kekuatan doa memang sungguh luar biasa bu.....

04 Jun
Balas



search

New Post