Mar'atus Sholihah, S. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Best Practise Melatih Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Kegiatan Bermain Game Mengingat

Best Practise Melatih Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Kegiatan Bermain Game Mengingat

Best Practise

Melatih Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Kegiatan Bermain Game “Mengingat Isi dalam Kotak” di SD Al Muslim Bekasi

Mar’atus Sholihah, S. Pd

SD Al Muslim

A. PERENCANAAN

Pernahkah kita melupakan sesuatu? Misalnya lupa membawa handphone, lupa membawa charger, lupa hari sehingga salah memakai seragam ke kantor, dan lain-lainnya.. “Kelupaan” jika sering terjadi bisa menjadi hal yang tidak mengenakkan bagi diri sendiri dan dapat mengganggu orang yang ada di sekitar kita.

Mudah lupa dan tidak fokus terhadap sesuatu umum terjadi sama kita. Penyebabnya bermacam-macam. Namun, hal tersebut tidak bisa dipandang remeh. Apalagi jika terjadi sama anak-anak.

Kemampuan dalam mengingat sesuatu adalah hal yang sangat penting. Karena mempunyai daya ingat yang baik dan konsentrasi yang tinggi adalah modal terbesar dalam melakukan semua aktivitas kita sehari-hari.

Jika sering lupa terjadi pada anak-anak, hal ini bisa terjadi karena kurangnya stimulus atau kegiatan yang diberikan untuk mengasah otak, asupn gizi yang kurang, pola tidur yang tidak teratur, atau faktor kondisi kesehatan tertentu.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat, antara lain :

1. Mendengarkan atau menyimak dengan sungguh-sungguh.

2. Membuat catatan, jika suatu saat kita lupa bisa melihat catatan tersebut.

3. Mengasah otak yaitu dengan mengisi teka-teki silang, melihat gambar dan mengingatnya kembali, bermain puzzle, bermain game mengingat isi dalam kotak, dan lain-lain.

4. Makan makanan yang bergizi

5. Olah raga yang teratur.

Sebagai seorang pendidik mempunyai tugas dan peranan penting untuk membantu para peserta didiknya melatih daya ingatnya. Salah satunya yaitu mengajak peserta didiknya bermain game “mengingat isi dalam kotak”.

Melatih daya ingat ini merupakan salah satu pembelajaran yang ada di SD Al Muslim pada mata pelajaran Leadership skill keempat yaitu Belajar untuk Belajar KD 4.4 _Melatih Kemampuan Daya Ingat Siswa.

Guru Leadership membantu dan mendampingi proses pembelajaran melatih daya ingat siswa ini dari awal sampai selesai. Yaitu bermain game “ Mengingat isi dalam kotak”.

Pada tahap perencanaan adalah sebagai berikut :

1. Guru menyiapkan benda – benda yang akan dijadikan alat untuk pemainan game “Mengingat isi dalam kotak” yaitu kardus bekas sebagai kotaknya.

2. Peserta didik membantu menyiapkan benda-benda berjumlah 10 benda yang akan menjadi isi dalam kotak kardus tersebut, seperti buku, gunting, spidol, botol minum, penghapus papan tulis, pensil, dan lain-lain.

3. Guru menyiapkan kertas untuk menulis benda-benda yang diingatnya.

B. PELAKSANAAN

Pada tahap selanjutnya adalah pelaksanaan sebagai berikut :

1. Peserta didik membaca dan memahami materi pelajaran Leadership skill keempat belajar untuk belajar tentang melatih daya ingat pada layar infokus dengan bantuan guru.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang materi melatih daya ingat.

3. Setelah selesai mendengarkan penjelasan, peserta didik dan guru melakukan tanya jawab tentang cara melatih daya ingat.

4. Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang cara bermain game “mengingat isi dalam kotak”.

5. Kemudian guru dan peserta didik memulai game “mengingat isi dalam kotak” dengan cara guru menunjukkan kotak dan isinya kepada peserta didik dalam waktu beberapa menit. Peserta didik diminta untuk mengingatnya kembali.

6. Kemudian guru memberikan kertas kepada peserta didik untuk menulis benda apa saja yang diingatnya.

7. Peserta didik melakukan presentasi dengan menyebutkan benda-benda yang diingatnya dengan percaya diri.

8. Guru memberikan penilaian berdasarkan indikator pencapaian pembelajaran dilanjutkan dengan evaluasi.

Kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik level 1 SD Al Muslim Tambun Bekasi pada awal bulan November sebelum PAS Ganjil.

Kegiatan game “mengingat isi dalam kotak” ini dilakukan sebagai salah satu upaya pendidik untuk melatih daya ingat peserta didik agar lebih baik lagi.

Seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an Surat Al Mujaadilah, ayat 11 yang artinya : "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Q. S. Al Mujaadilah : 11).

C. VISUAL HASIL

Berikut ini daftar nilai Ledership skill keempat dan beberapa dokumentasi hasil praktik baik melatih daya ingat.

Nilai Ketrampilan skill keempat Belajar untuk Belajar

Saat Kegiatan Belajar Mengajar

Saat Kegiatan Belajar Mengajar

Presentasi di depan kelas dengan percaya diri

D. TINDAK LANJUT

Kegiatan tindak lanjut yang dilakukan guru untuk memberikan apresiasi terhadap peserta didik adalah sebagai berikut :

1. Apresiasi diberikan kepada peserta didik karena sudah mengikuti pembelajaran sampai selesai dengan baik dan tertib.

2. Peserta didik melakukan presentasi dengan baik dan percaya diri.

3. Peserta didik dan guru melakukan diskusi untuk kegiatan selanjutnya melaksanakan kegiatan bermain game yang lebih seru dan menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post