Marda Opetri, M.Pd

Menulislah, maka generasi selanjutnya bisa mengambil pelajaran. Guru Fisika di SMA Negeri 3 Solok Sumbar....

Selengkapnya
Navigasi Web

Ekspedisi Desa Pramuka Lebak Harjo ( Part 5)

# Tantangan Hari ke 136

Hari pertama di desa Lebak Harjo adalah, perkenalan dengan warga dan eksplorasi dusun. Dusun sukomaju B,merupakan lokasi untuk golongan penegak. Mengelilingi dusun yang asri dan damai di pagi hari, melihat tatanan rumah yang begitu rapi. Disetiap gerbang rumah ada cikal kelapa, oleh karena itu desa Lebak harjo lebih dikenal dengan desa Pramuka. Dengan akses jalan yang curam menuju desa ini, berlangsung kegiatan kepramukaaan internasional beberapa tahun yang lalu.

Sebuah rumah peristirahatan peninggalan Bapak Soeharto menjadi saksi sejarah, bahwa di desa Lebak Harjo ada peristiwa yang besar pada masa lalu. Menginjakkan kaki ke desa ini sungguh menyimpan banyak kenangan, tinggal di rumah pak Iswanto yang ramah. Pelaksanaan kegiatan KPN 2018 peserta di tempatkan di rumah warga dan dari Kwarcab yang berbeda sehingga terjalin persaudaraan yang sangat kuat.

Kegiatan KPN tahun 2018 di awali dengan kegiatan ulang janji. Peserta mengikuti Upacara Ulang janji untuk mengevaluasi kegiatan yang sudah di lakukan tahun lalu dan rencana yang akan datang. Upacara pembukaan KPN 2018 dilaksanakan hari Selasa, 14 Agustus 2018 bertepatan dengan Hapram. Langsung dibuka oleh Ka Kwarda Jawa Timur, seluruh peserta sebanyak 4600 orang dari seluruh Indonesia dan perwakilan negara sahabat mengikuti upacara pembukaan KPN di lapangan Utama.

Salah satu kegiatan dalam KPN 2018 ini adalah jumpa tokoh. Peserta golongan penegak bertemu dengan tokoh gerakan Pramuka yaitu paulus Tjakrawirawan sebagai ketua DKN pada waktu kegiatan PW ASPAC tahun 1978. Perekemahan Wirakarya Asia Fasific yang berlangsung di desa ini 42 tahun yang lalu. Tidak terbayangkan kegiatan kelas internasional yang berlangsung didesa yang asri di kaki gunung semeru ini. Sudah selayaknya desa ini dikenal dengan desa Pramuka.

bersambung,.....

Rumah, 21 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post