mardiah toha

Lahir di Surabaya. Menyelesaikan sekolah dasar dan menengah di SD Muh XI, SMPN 2 dan SMAN 2. Melanjutkan S1 FMIPA jur. Fisika UNAIR dan S2 Univ. Gresik Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBELAJARAN DENGAN CAMTASIA STUDIO  ( Hari ke-58 )

PEMBELAJARAN DENGAN CAMTASIA STUDIO ( Hari ke-58 )

Pandemi COVID-19 masih belum hilang dari bumi Indonesia terutama kota Gresik yang masuk dalam zona merah sehingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar disekolah dicancel dulu dan mulai diberlakukan PJJ ( pembelajaran Jarak Jauh).

Bagi saya PJJ ini sangat melelahkan, setiap waktu berhadapan dengan laptop untuk mempersiapkan materi. Apalagi untuk mata pelajaran Fisika di kelas XII, materi awal siswa sudah bertemu dengan Rangkaian Arus searah dimana penuh dengan gambar rangkaian arus searah tunggal maupun majemuk. Siswa jika hanya diberikan materi dan latihan soal kemudian meresum dan mengerjakan soal sesuai contoh, masih belum lengkap. Siswa masih belum faham dengan apa materi yang diberikan tanpa penjelasan secara tatap muka, hal ini terlihat dengan banyaknya japri siswa lewat WA yang menyampaikan masih kurang faham dengan apa yang diberikan.

Akhirnya saya mulai merambah dunia maya mbah Google, mencari aplikasi yang bisa saya gunakan untuk menjelaskan seperti dalam tatap muka. Ternyata hasil tidak mendustai usaha, usaha saya berhasil dengan bertemu aplikasi Camtasia studio.

Keistimewaan Camtasia Studio antara lain:

1)Camtasia bisa merekam materi yang kita terangkan seperti di papan tulis dan wajah kita tampil juga di sudut kanan bawah.

2)Materi yang kita bawakan sudah dalam bentuk power point.

3) Serasah seperti webinar dengan siswa.

Untuk menjelaskan soal rangkaian majemuk yang komplek, saya menggunakan Youtube supaya tutorial penyelesaian soal bisa dinikmati juga oleh kelas lain yang tidak saya ajar. Kemudian keduanya dikombinasikan dengan classroom, dengan demikian kita tak kan bingung jika diminta laporan daring karena semua sudah terekam secara otomatis di classroom.

Untuk bapak ibu yang menginginkan bisa downlod di google Camtasia Studio dengan link https://bit.ly/2Ncw96C dan menginstal di laptop, jika Camtasia studio yang didownlod gratis tidak berbayar maka aplikasi ini hanya berlaku selama 1 bulan. Selamat mencoba bapak ibu hebat.

Cerme, 2 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi ibu.. ilmunya sangat berguna..saya dapat pencerahan baru.

02 Aug
Balas

Terimaksih bunda...silahkan mencoba

03 Aug

Semoga bermanfaat...Salam Literasi

02 Aug
Balas



search

New Post