Marina Yosweni

Merdeka Gurunya Bahagia Siswanya Manfaat teknologi di era globalisasi sangat kita rasakan sekarang ini, terutama sekali semenjak pasca covid'19. Hadirn...

Selengkapnya
Navigasi Web
Marakas

Marakas

Sampah plastik seperti botol dan tutupnya adalah limbah hasil kegiatan/aktivitas manusia. Jika tidak dikelola akan mencemari lingkungan. Sebagaimana kita ketahui botol plastik akan hancur secara alamiah atau terurai setelah 50 sampai 80 tahun.

Keberadaan pemulung memang menjadi solusi untuk mengurangi sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan. Namun hal ini belumlah maksimal sebagaimana kita lihat limbah plastik terutama botol bekas minuman masih berserakan dimana-mana terutama di tempat objek wisata. Salah satu upaya mengubah status botol dari limbah perusak lingkungan menjadi barang bernilai ekonomi adalah dengan mengubah bentuk botol menjadi barang bermanfaat dan bernilai guna. Salah satu yang dapat dibuat dari botol minuman mineral ini adalah Marakas, selain untuk pembelajaran bagi anak juga memupuk rasa peduli terhadap lingkungan.

Marakas merupakan alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digoyangkan oleh tangan. Marakas bisa terbuat dari kayu atau labu kering atau bisa juga dibuat dari botol plastik bekas minuman air mineral. Dengan bagian dalam yang diisi dengan material berupa biji-bijian atau bahan lain yang dapat beresonansi dengan lapisan utamanya.

Apa saja bahan untuk membuat marakas?

Alat dan Bahan:

2 buah botol air kecil.

Kacang hijau/ beras/ biji jagung/ batu/ pasir.

Selotip besar.

Spidol.

Kertas warna.

Langkah-langkah Pembuatan:

Masukkan biji kacang hijau/beras/biji jagung/batu/pasir ke dalam botol. Dengan ukurannya yang sama banyak lebih kurang 2-3 sendok Makan.

Setelah itu gabungkanlah mulut botol satu dengan mulut botol yang lain dengan menggunakan lem lilin.

Guntinglah kertas origami (peserta didik dibebaskan membuat gambar/pola gambar sesuai keinginannya) untuk hiasan dari botol.

Tempelkan pola gambar yang sudah dibuat pada botol .

Peserta didik siap untuk bernyanyi sambil menggoyang-goyangkan marakas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bu Yos. Mengolah limbah menjadi barang bermanfaat dan bernilai ekonomi. Salam literasi

21 Mar
Balas



search

New Post