Marlina

Sulung dari empat bersaudara ini kelahiran Bondowoso, 4 Maret 1971. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di Bondowoso. Kuliah D2 PGSD di IKIP Negeri Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Komplek Mata Air Panas Blawan
koleksi pribadi

Komplek Mata Air Panas Blawan

Pengembangan Geopark atau Taman Bumi sangat penting bagi kelangsungan hidup Bumi. Geopark memuat nilai-nilai yang terkandung dalam 3 Pilar utama terkait Keragaman Geologi (Geodiversity), Keanekaragaman Hayati (Biodiversity), dan Keragaman Budaya (Cultural Diversity). Ketiga Pilar Geopark memiliki nilai Warisan Geologi (Geoheritage) yang terkait dengan Warisan Biologi (Bioheritage), dan Warisan Budaya (Cultural Heritage).

Tiga Pilar Geopark berfungsi menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan yang dilakukan melalui upaya konservasi, edukasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan, dengan keterlibatan aktif dari masyarakat dan Pemerintah.

Ijen Geopark Wilayah Bondowoso terdiri dari 9 Situs Geologi, 2 Situs Biologi, dan 5 Situs Budaya. Dari 9 situs geologi tersebut salah satunya adalah Geosite Komplek Mata Air Panas Blawan.

Geosite Komplek Mata Air Panas Blawan termasuk dalam wilayah Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Geosite ini memiliki aspek geologi panas bumi (geothermal), mineralogi, dan struktur. Terdapat 19 mata air panas dengan suhu 30 – 50°C dan suhu lebih rendah. Kandungan air tergolong netral dengan pH=6,4. Persebaran mata air panas berdasarkan adanya struktur patahan (sesar) yang terletak di ujung utara Kaldera Ijen berupa Air Terjun Blawan.

Geosite Komplek Mata Air Panas Blawan (114°10’33.19’’E/ 7°59’04.49’’S) berjarak 60 km dari Kota Bondowoso

Proses Geothermal di kawasan Geosite ini ditandai kemunculan mata air panas yang diikuti oleh pengendapan Terrain Travertine atau Silica Sinter. Pengendapan ini dapat dijumpai di Telaga Damar Wulan yang terdapat sumber mata air bersuhu hangat. Selain Telaga Damar Wulan, terdapat beberapa kolam pemandian umum yang dikelola dengan suhu bervariasi dan bermanfaat bagi masyarakat untuk terapi kebugaran serta relaksasi.

Di kolam tersebut pengunjung dapat memilih suhu air yang dikehendaki karena tiap kolam suhu airnya berbeda. Cocok sekali untuk dicoba setelah mendaki Kawah Ijen agar rasa penat bisa sirna. Di dekat kolam tersedia kamar ganti, toilet, dan kamar mandi untuk pengunjung setelah berendam. Sebelum masuk lokasi, kendaran juga bisa diparkir dengan aman di dekat komplek mata air panas. Penasaran? Silakan berkunjung!

Bondowoso, @school 17 Febr 2022

Marlina, S.Pd.

#IjenGeopark

#SchooltoIjenGeopark

#RPPIjenGeopark

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan reportase yang keren.. sukses selalu bu

17 Feb
Balas

Mantap ulasannya, Bu. Salam kenal!

31 Jan
Balas



search

New Post