Marlina

Sulung dari empat bersaudara ini kelahiran Bondowoso, 4 Maret 1971. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di Bondowoso. Kuliah D2 PGSD di IKIP Negeri Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sumur Majapahit di Ramban Kulon Bondowoso

Sumur Majapahit di Ramban Kulon Bondowoso

#TaGurKe-14_Gurusiana1000

Sumur Majapahit di Ramban Kulon Bondowoso

Situs Ramban Kulon banyak ditemukan peninggalan klasik, yaitu Sumur Majapahit, makam tokoh masyarakat penyiar agama Islam, dan rumah khas dari Pulau Madura (di TMII dikenal dengan nama Rumah Situbondo).

Sumur Majapahit banyak ditemukan di Dusun Krajan Desa Ramban Kulon Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Diperkirakan sumur ini merupakan peninggalan masyarakat pada masa Kerajaan Majapahit. Sumur ini identik dengan Sumur Upas d pusat Kerajaan Majapahit. Keunikan sumur ini telihat pada batu bata penyusun dinding sumur yang mempunyai pengunci laksana puzzle sehingga ketika dipasang tidak terlepas (inter locking). Batu bata saling mengunci satu sama lain.

Air sumur sangat jernih dan tetap dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat sekitar hingga saat ini. Kedalaman sumur kurang lebih 5 meter dengan diameter tak lebih dari 1 meter. Ada sekitar 10 sumur yang masih berfungsi hingga sekarang. Berdasarkan temuan sumur ini, dipekirakan daerah setempat merupakan pemukiman/perkampungan pada masa kerajaan Majapahit.

Tentu saja sebagai benda peninggalan bersejarah, Sumur Majapahit ini perlu dirawat dan dilestarikan. Pembaca yang penasaran bisa berkunjung ke tempat ini.

#IjenGeopark

#AyoKeBondowoso

@RambanKulon_08042021_Marlina, S.Pd_SDNDabasah3Bondowoso

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post