marlina djalis

Akun Awal Marlina berganti menjadi "marlina.djalis" Marlina, sulung dari lima bersaudara. Guru di MAN 1 Kota Padang. Sejak Kecil Bermimpi menjadi penulis. Imp...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentigraf (19)  Bakar Pisang

Pentigraf (19) Bakar Pisang

#Tantangan Menulis Hari Ke-15

Keluarga Iin, kehidupannya sangat sederhana. Saking sederhananya untuk makan hari-hari pernah beras mau dimasak tak ada. Adik bungsu Iin, berumur tiga tahun. Nasi mau di makan tak ada. Beras mau dimasak pun begitu juga. Fi, adik bungsunya lapar. “Ayah, adik lapar? Ntar ya, Ayah tebang pisang dulu.” Kemudian, pisang ditebang. Setelah itu, dibakar. Ayah Iin, sedih melihat anak-anaknya makan pisang untuk mengganjal perut lapar.

Kondisi seperti itu, sering dialami keluarga Iin. Sebab terkadang hasil kebun hendak dijual ke pasar tak ada. Kayu bakar hendak dijual pengepul begitu juga. Terpaksa apa yang ada di makan. Kadang-kadang pisang mentah tersebut, buat tumbang pisang. Tumbang pisang itu sama dengan getuk ubi. Cara buatnya juga sama. Pisang direbus, setelah ditumbuk pakai botol atau gelas. Siap dikasih kelapa parut, gula, dan garam. Kesemuanya diaduk rata. Terus siap disajikan.

Iin bersaudara kandung ada lima orang. Adik-adiknya ada perempuan satu dan tiga laki-laki. Sedangkan Iin, anak Sulung. Keseharian ayah Maknya bekerja, sebagai petani atau terkadang buruh tani.

Rimbo Panjang (Padang), Selasa, 07 Juli 2020 M

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu lina. Salam literasi

08 Jul
Balas



search

New Post