Marlupi

Hidup hanya sekali, harus berarti. Kau dilahirkan Ibumu menangis, sedang orang-orang di sekitarmu tertawa ria. Bersungguh-sungguhlah dalam menempa hidupmu, agar...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tak Selamanya
dokumen pribadi

Tak Selamanya

Perjalanan hidup ini ada yang mengibaratkan roda yang tengah berputar. Ada kalanya berada di bawah, tetapi ada kalanya di atas. Tak ada yang abadi. Ketika berada di atas maka kita tak boleh lupa. Tetap ingat akan yang di bawah, karena suatu saat akan turun juga. Demikian pula ketika di bawah. Janganlah hati menjadi gundah, resah dan tak terarah. Ingatlah bahwa suatu saat roda akan bergerak dan tak selamanya di bawah.

Manusia terkadang lupa saat berada di atas. Terlena dengan buaian pujian dan keberhasilan. Merasa diri begitu terbang nun jauh di atas awan. Perlahan-lahan lupa di mana bumi dipijak. Padahal kita pasti tahu setinggi apa pun terbang, di atas langit ada langit. Apa yang disombongkan? Kepintaran? Masih ada yang lebih pintar. Kekayaan? Masih ada yang lebih kaya. Kecantikan atau ketampanan? Masih ada yang lebih cantik dan tampan. Keberhasilan? Masih ada yang lebih berhasil.

Segala yang kita capai tak ada yang murni karena hasil diri sendiri. Pasti ada campur tangan orang lain di dalamnya. Yang tak terbantahkan, jelas karena pertolongan Allah SWT. Sang sutradara yang telah menempatkan di posisi atas. Atas izin-Nya sehingga keindahan dunia bisa dalam genggaman. Andaikan semua itu melekat dalam hati kita, maka tak kan ada rasa kesombongan singgah. Berjalan dengan amanah. Tak lupa pada Sang Pemberi Berkah. Berjalan penuh syukur nikmat. Itulah orang yang selalu ingat, bahwa setinggi apa pun terbang akan mendarat juga.

Pun ketika sedang di bawah, manusia merasa paling menderita. Dunia seakan tak adil baginya. Resah dan gelisah menghiasi hari-harinya. Sibuk dengan pertanyaan mengapa harus aku yang mengalaminya. Padahal andaikan sedikit saja dia mau berkaca, masih banyak nikmat lainnya yang diterima. Masih banyak orang lain yang jauh menderita. Bukankah Allah SWT tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kekuatan? Sang Pencipta lebih tahu kapasitas ciptaan-Nya. Dia lebih tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya. Bersihkan hati dari prasangka buruk kepada-Nya. Yakini bahwa Sang Sutradara telah mengatur semuanya. Buka hati dan belajar dari sekitar kita. Masih banyak yang jauh lebih menderita tetapi tetap bisa tersenyum dan berjalan dengan tegak. Mengeluh dan mengeluh tak akan menyelesaikan masalah. Jalani , nikmati dan dapatkan solusi dengan kepala dingin. Mendung tak selamanya berarak. Sebentar lagi akan turun hujan dan pelangi pun akan terlihat dengan penuh pesona. Jadi janganlah takut ketika mendung begitu pekatnya, karena itu pertanda hujan dan pelangi sudah dekat. Jangan takut ketika malam begitu gelapnya, karena itu pertanda pagi kan menjelang.

Alangkah indahnya hidup ini ketika kita menyadari bahwa tak ada yang abadi. Di atas atau di bawah itu sama saja, karena semua sudah diatur oleh-Nya. Kita hanya tak boleh lupa bahwa tak selamanya akan selalu di bawah. Setinggi apa pun kita di atas suatu saat akan turun juga. Jika ingin terbang tinggi tak perlu merendahkan yang lain, teruslah berjuang pasti akan naik juga. Begitu juga ketika di bawah, janganlah merasa paling rendah. Tetap jalani hari penuh semangat dan teruslah menebar kebaikan untuk menggapai rida-Nya.

Jika hidup adalah anugerah, maka tak perlu ada yang diresahkan.

Rumahku, 05032021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kalau simbah dulu pesan kita harus selalu "eling lan Waspodo".. Hehe.. Siip sukses selaluSalam literasi

05 Mar
Balas

Leres Bapak....makasih Pak Kepala...salam.sehat n sukses..

05 Mar

Ya, MB upik setuju, bagus tulusannya, tetap semangat apapun yang terjadi, dan kembali lagi luruskan niat hanya karena Alloh semata sang sutradara kita harus melakoni semampu kita..semoga sukses dunia akherat, aamiin

05 Mar
Balas

Aamiin..terima kasih berkenan singgah Mbak Bunga.Salam sehat dna sukses

05 Mar

Selalu bersyukur mendekatkan diri kepada NYA... Dalam situasi apapun ... Trimksh dik Upik untuk renungan hari ini.... Salam sehat semangat sll..

05 Mar
Balas

Sama-sama Kakak.....saalm sehat , sukses dan bahagiaaa...

05 Mar

Tidak tida merasa tinggi dibawah tidak merasa terinjak ya bun hidup ini bervariasi dan cobaannya juga silih berganti

05 Mar
Balas

Yuups...semoga dimampukan ya Bund, karena Sang Sutradara pasti lebih tahu yang terbaik. Salam sehat dan sukses

05 Mar

Selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Oleh Allah SWT.Salam literasi

05 Mar
Balas

Semoga bisa ya Bund...salam literasi juga..sehat dan sukses

05 Mar

Bagus tulisannya Bunda, tak ada yang abadi, yang abadi adalah keabadian itu sendiri hehe, salam sukses selalu

05 Mar
Balas

Terima kawsih Bapak, Salam sehat, sukses dan bahagia...

05 Mar



search

New Post