MARNIATI, S.Sos, M.Pd

Hamba Allah yang diamanahkan sebagai Pendidik pada MTsN 1 kota Pekanbaru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tidak Ada yang Kebetulan, Biidznillah (Muhasabah)

Tidak Ada yang Kebetulan, Biidznillah (Muhasabah)

Tantangan H-25

Banyak hal positif yang dapat kita lakukan untuk mengisi hari-hari di bulan Ramadhan. Keberkahan dan pahala yang di lipat gandakan menjadi motivasi untuk berlomba-lomba dalam melakukanya.

Tidak hanya ibadah wajib dan sunnah, kegiatan harianpun jika di niatkan karena Allah akan menjadikannya sebagai amal ibadah. Apalagi dilakukan pada bulan Ramadhan.

Tulisan saya berikut ini adalah tentang sesuatu yang kita alami tetapi kita tidak menyadari bahwa sebenarnya ada pesan dari sang pemilik kehidupan yakni Allah Azza Wa Jalla ..

Semua yang terjadi di dunia ini adalah atas izin-Nya, tidak ada yang kebetulan. Tinggal bagaimana mencoba mencari hikmah dari kejadian tersebut. Hati yang bersih dan terpaut kepada Allah lah yang bisa merasakannya.

Mari kita coba menganalisa pernyataan berikut ini :

Curhat adalah cara manusia untuk meringankan beban pikirannya. 

Ketika ada masalah, maka ia akan mencari teman  untuk mendengarkan. Terlepas apakah ada solusi atau tidak, terkadang hanya sekedar mendengarkan saja, ia sudah merasa lega.

Pertanyaannya :

Pernahkah saat kamu sedang sedih, kecewa tetapi tidak ada orang di sekitarmu yang dapat kau jadikan tempat curahan hati ? 

Jawabannya Pernah. 

Kemudian apa yang kamu lakukan ? 

Apakah dengan menghubungi teman atau sahabat yang jauh kemudian curhat sepuas-puasnya ?

Bisa jadi. Tapi bagaimana ketika terlintas dalam pikiranmu untuk menghubungi teman, tetapi hatimu ragu dan kamu tidak melakukannya.

Biasanya, sebelum kamu berniat menghubungi siapa orang yang bisa kamu jadikan teman curhat. Nama yang pertama terlintas dalam pikiran dan biasanya  terucap adalah  "ya Tuhan ..." atau "ya Allah ..."

Pernahkah terpikir apa artinya ? Nah itu artinya bahwa Allah sedang rindu padamu dan ingin agar kamu berbicara pada-NYA.

Kecewa dan sedih yang kamu alami, seharusnya membuat kamu berpikir bahwa Allah lah sebaik-baik tempat kamu mengadu.

Dalam Al Qur'an Surat  12:86, di katakan " Dia (Ya'qub) menjawab Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui . " 

Surat ini, menceritakan tentang hamba Allah yakni Nabi Ya'kub yang mengadukan permasalahnnya kepada Allah, dan menjelaskan bahwa hanya Allah yang dapat memberikan jalan keluar dan ketenangan dari masalah dan kesedihan manusia. 

Inilah cara Allah mengingatkan kita. Tinggal kita, apakah langsung curhat kepada-Nya atau masih mencari makhluk.

 

Pernahkah kamu mendapatkan sesuatu yang tidak terduga, yang selama ini kamu inginkan tapi rasanya sulit untuk didapatkan ?

Hanya Allah lah yang mengetahui dan mendengar suara batinmu dan membalas hasil dari benih kebaikan yang kamu taburkan sebelumnya.

Allah SWT akan mengabulkan do'a dan keinginan orang yang bertakwa. Mungkin kita pernah mendengar bahwa manusia itu hanya di suruh  bertakwa, kalau ia takwa maka Allah yang akan menyelesaikan urusannya.

Sebagaimana dalam QS 65:2-3. Pada surat ini, Ayat, Allah berfirman :" ... Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,

Ayat 3 : " Dan Doa memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksankan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu ". 

 

Pernahkah kamu berada dalam situasi yang buntu, semua terasa begitu sulit, begitu tidak menyenangkan, hambar, dan kosong.

Itu adalah saat Allah mengizinkan kamu untuk diuji, Dan Allah ingin mendengar rintihan serta do'amu agar kau menyadari akan keberadaan-NYA....

Karena Ia tahu kau sudah mulai melupakan-NYA dalam kesenangan

Dalam al -Qur'an Surat  47:31 dan 32:21, Allah SWT mengatakan :

" Dan sungguh, kami benar-benar akan menguji kamu sehingga kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar diantara kamu .."

 

Jadi jelas tidak ada yang kebetulan didunia ini, semua terjadi atas izin Allah. Sesulit apapun masalahmu tiada tempat mengadu yang paling indah selain Allah.

Sesungguhnya Allah itu dekat dan kamu tidak sendiri karena selalu ada Allah bersamamu.  

 

Pekanbaru, Rabu 29 April 2020 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat menyejukkan tulisan ibu

29 Apr
Balas

mantap bu

29 Apr
Balas

Trimks bu ..

29 Apr



search

New Post