Marul Prihastuti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menangguk Ilmu Bersama Diklat Penyegaran NS PKB
Kelas Awal A bersama kedua fasilitator, sesaat sebelum post test

Menangguk Ilmu Bersama Diklat Penyegaran NS PKB

Menginjakkan kaki lagi di Pulau Bali, alhamdulillah dapat tiba dengan selamat sentausa bersama dengan rombongan berduapuluhtiga orang guru SD seYogya. Iya, kami ditugaskan untuk mengikuti diklat penyegaran NS PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Program ini merupakan kelanjutan dari diklat NS Guru Pembelajar tahun 2016 yang dilaksanakan di Yogyakarta. Eciyeeehh...NS gitu loohh...#prukself sombongnyah.

Program diklat ini dilaksanakan di B Hotel, Jl Imam Bonjol, Pemecutan, Denpasar, Bali. Yaaa...sekitar 15 menit lah by taksi dari Bandara Ngurah Rai. Nggak jauh kok.

Nggak usahlah saya ceritakan proses perjalanannya yah...ahaiii...nggak penting ituh.

Saya tergabung di kelas Awal A bersama sebagian teman guru dari Jogja, para dosen dan widya iswara dari UN Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, LPMP Makassar, LPPPTK Gowa, LPMP Yogyakarta. Banyaaak banget teman baru yang suka berbagi ilmu dan cerita baru bagi kami di sini. Kelas kami difasilitasi oleh Ibu Ari Pudjiastuti dan Ibu Endah Madusari.

Dari Senin sore sampai Sabtu pagi kami mengikuti diklat yang ahaiii asyiknya ini. Mempelajari 10 modul dari A sampai J yang masing-masing terdiri dari dua bagian: pedagogik dan profesional. Mempelajari bagaimana cara membuat soal HOT's dan tentang PPK.

Semua itu dikerjakan 6 hari? Wueeeeeloookkkkk....

Yaaa...kan kami berbanyak. Jadilah semua dikerjakan secara berkelompok.

Ada 10 kelompok untuk mengerjakan 10 modul. Ada yang terdiri dari 4 orang, ada yang hanya 3 orang saja. Namun setiap kelompok beranggotakan guru SD, dosen, dan widya iswara. Setiap kelompok mendapat jatah satu modul untuk dikaji dan selanjutnya dipresentasikan. Tugas membuat soal HOT's pun begitu, dikwrjakan secara berkelompok. Tidak terasa berat itu, tahu-tahu ada aja kelompok yang bertepuk tangan tanda pekerjaan mereka usai dan siap presentasi. Aaahh...atmosfet bekerja cerdas kami rasakan di sini. Serius saat mengerjakan tugas, namun langsung cair saat tugas telah usai. Kerjasama yang sangat baik, tercapai dengan indahnya...tsaaaahhhh....

Di akhir acara, setelah post test dan sebelum penutupan, kami menyusun RTL. Daaaaann...ternyata kami yang tergabung dalam tim P4TK Matematika Jogja harus siap untuk ditugaskan sekitar akhir Mei dan atau awal Juni. Daan, entah nanti dapat di mana. Ada 5 provinsi yang diampu region kami: Riau, DI.Yogyakarta, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. InsyaAllah kami siap sedia.

Penutupaaaannn....akhirnya. Diumumkan bahwa hasil post test mengalami kenaikan yang sangat signifikan dari hasil pre test. Alhamdulillah, pembelajaran selama diklat berhasiiill...berhasil...berhasiill...horeeee....

Diklat ditutup oleh Ibu Elvira dari Dirjen Dikdas Kemendikbud.

Acara jalan-jalan setelah penutupan? Tunggu cerita selanjutnya yaah...see u...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow mantap mbak. Tulisannya enak dibaca. Jd gak sabar nunggu cerita jalan2nya. Saya kan gak ikut. Semangat berbagi ya

12 Apr
Balas



search

New Post