Marvellarianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Nasehat

Tidak semua apa yang kita sampaikan semua orang paham,

Tidak semua yang kita nasehatkan semua orang mau menerimanya,

Maka berdakwahlah dengan hikmah, tetap sabar, santun dan lemah-lembut.

Jangan menggunakan kekerasan, sikap kebencian, saling hina dan caci,

Karena tugas kita hanya menyampaikan, bukan memaksa,

Di terima alhamdulillah, tidak terima pun kita sudah menyampaikan amanat dari syariat kita.

Selanjutnya kita doakan mereka, karena mereka masih saudara kita,

Dan ini pulalah nasehat yang disampaikan oleh para ulama, agar kita berlemah lembut sesama kaum muslimin dan ahlussunnah.

Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata,

يا أهل السنة ترفقوا رحمكم الله فإنكم من أقل الناس

“Wahai Ahlus sunnah, bersikap lemah-lembutlah diantara kalian, semoga Allah merahmati kalian, karena kalian sangat sedikit.”[Syarh Ushuul I'tiqaad Ahlissunnah 1/57, Al-laalika'i]

Demikian juga Sufyan Ats-Tsauri rahiahullah berkata,

استوصوا بأهل السنة خيرا فإنهم غرباء

“Hendaknya kalian saling menasehati sesama ahlus Sunnah dengan cara yang baik karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang asing (ghuroba)/jumlahnya sedikit.”[Syarh Ushuul I'tiqaad Ahlissunnah 1/64, Al-laalika'i]

Sungguh amat sangat mudah bagi Allah menjadikan semua manusia mendapat hidayah, rajin ibadah, bertauhid dan mengenal sunnah.

Lalu dimana makna kesabaran, perjuangan dan peran kita dalam dakwah jika semua Allah mudahkan ?

Sebab itulah kita butuh kesabaran dan perjuangan, karena Allah menjadikan sebagian manusia yang satu dengan yang lainnya memang untuk menguji kita. Sebagaimana Allah ta'ala berfirman:

وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ ۗ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِيرًا

“Dan Kami jadikan sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain, sebagai ujian. Maukah kamu bersabar? Dan adalah Tuhanmu Maha Melihat.” (Q.S. Al-Furqan: 20)

Maka karena itu hendaknya kita tetap bersabar dalam memberi nasehat, jangan jadikan ahlussunah yang sedikit ini semakin menjadi sedikit dan asing karena sikap kita yang tidak berlemah-lembut, keras, kaku dan tidak ramah.

Semoga dengan demikian Allah ta'ala merahmati kita semua, melipat gandakan pahala kita, kesabarakan kita dan membukakan pintu hidayah kepada kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post