MARYAM ISNAINI DAMAYANTI, S. Pd., M

Maryam Damayanti, lahir 53 tahun yang lalu, di Surabaya. Nama lengkap yang diberikan orang tua adalah Maryam Isnaini Damayanti. Profesi utamanya adalah sebagai ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ROMANTIKA BIMBINGAN PROPOSAL
Harus sabar dan telaten membimbing proposal. Kemampuan setiap mahasiswa berbeda-beda. Semua menjadi kisah tersendiri dalam kehidupanku. Bersama Arif, mahasiswa 2019 yang sedang mengonsultasikan revisi proposalnya. (Sumber foto: koleksi pribadi).

ROMANTIKA BIMBINGAN PROPOSAL

ROMANTIKA BIMBINGAN PROPOSAL

Maryam Damayanti Payapo

Alhamdulillah, siang ini bisa melayani revisi proposal mahasiswa 2019. Catatan penting yang biasa aku berikan pada mahasiswa adalah:

1. Perhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca!

2. Pecah paragraf yang terlalu panjang ( sampai 20 baris lebih) menjadi 2 atau 3 paragraf!

3. Kalimat dipasifkan sehingga menjadi diucapkan, dipanjatkan,

disimpulkan bukan peneliti/penulis mengucapkan, memanjatkan, atau menyimpulkan!

4. Praktikkan langkah-langkah pelaksanaan strategi yang direncanakan! Jangan dibayangkan saja karena sering tidak sesuai antara bayangan dengan kenyataan.

5. Tunjukkan prototipe media yang akan digunakan dalam pembelajaran! Jangan hanya dijelaskan secara lisan.

6. Tulislah dulu puisimu sebelum meminta siswa menulis puisi! Tulis dulu karangan deskripsimu sebelum nanti menugasi siswa menulis deskripsi! Buat dulu peta pikiranmu sebelum meminta siswa membuat peta pikirannya! Prinsipnya apa yang kalian tuntut dari siswa untuk dikerjakan, kalian harus sudah membuat/mengerjakannya dengan baik.

7. Buat instrumen penilaian dengan rubrik penilaian yang tepat agar nanti dapat digunakan dan betul-betul menilai apa yang seharusnya dinilai!

8. Jangan buat indikator penilaian dengan menggunakan kalimat: seluruhnya, sebagian besar, sebagian kecil, sangat, cukup, kurang, karena sulit mengukurnya!

Contoh, untuk aspek Penulisan Judul Cerita, gunakan kalimat:

Skor 4, jika memenuhi 4 indikator (a. Sesuai dengan tema, b. Ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan judul, c. Menarik, dan d.Mengundang rasa ingin tahu).

Selanjutnya, Skor 3, jika memenuhi 3 indikator.

Skor 2, jika memenuhi 2 indikator.

Terakhir, Skor 1, jika memenuhi 1 indikator.

9. Persiapkan semua instrumen yang dibutuhkan dengan bail dan cermat!

Mungkin aku terkesan cerewet, namun ... semua kulakukan demi kebaikan mahasiswa juga. Semoga mereka dapat memahaminya. Memang kadang keras tetapi tidak ada niat setitik pun untuk merugikan mereka, malah sebaliknya ... turut memperjuangkan agar penelitian mereka berhasil dan membawa manfaat. Ujung-ujungnya, penuh harap bahwa mereka dapat menyelesaikan studi S1 mereka dengan nilai TA yang optimal dan bisa segera lulus n diwisuda bareng-bareng kawan seperjuangan. Sungguh sangat membahagiakan ... turut mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan. Alhamdulillah. Semua karunia Allah saja.

* * -- * * * -- * *

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post