Masiah Marliana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Menumbuhkan Kreativitas dalam Menulis Pantun Budaya untuk Meningkatkan Keterampilan

Best Practise

Menumbuhkan Kreativitas dalam Menulis Pantun Budaya untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Menulis Peserta Didik Kelas V SD Al Muslim Tambun

Oleh : Masiah Marliana, S.Ag

A. Tahap perencanaan

Pendidikan sebagai sarana pembentukan karakter dan keterampilan merupakan landasan terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang peserta didik. Salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan adalah pengembangan literasi, yang mencakup kemampuan mengungkapkan gagasan, berpikir kreatif, dan mengkomunikasikan informasi dengan jelas melalui tulisan. Pada tingkat dasar (SD), pengembangan keterampilan menulis menjadi semakin penting dan diperlukan pendekatan kreatif agar siswa tidak hanya memahami teknik menulis, tetapi juga menemukan kegembiraan dalam menulis. Kelas V SD Al Muslim Tambun merupakan tahapan kritis dalam pendidikan siswa dimana mereka perlu dibimbing untuk mengembangkan kemampuan menulisnya dengan cara yang menariki. Dalam konteks ini, menulis pantun budaya menjadi pilihan yang menarik dan relevan. Pantun sebagai warisan budaya tidak hanya memperkaya perbendaharaan bahasa tetapi juga menumbuhkan kecintaan terhadap tradisi lokal. Program Literasi SD Al Muslim dilaksanakan untuk seluruh siswa. Sebagai studi proyek, hasil pembelajaran 1 level dapat berupa 1 buku antologi di akhir pembelajaran.

Kegiatan tersebut diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu kompetensi. 3.4 Menggali isi dan amanat dari telaah hasil keragaman budaya masyarakat yang disajikan sesuai dengan tujuan akan dijelaskan secara lisan dan tertulis. Pada kegiatan ini siswa diajarkan menulis 3 pantun budaya yang ada di Indonesia. Pada penelitian ini, produk hasil karya siswa berupa buku antologi kelas yang nantinya akan diterbitkan dan mempunyai ISBN. Kegiatan PJBL yang direncanakan dalam 1 bulan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:

No

Tahapan Kegiatan

Waktu

1

Pengenalan terhadap pantun dan budaya Lokal:

19 Oktoberr 223

2

Penyampaian materi dengan pendekatan menyenangkan.

23 – 28 Oktober 2023

3

Pemilihan tema yang relevan:

1 November 2023

4

Kolaborasi dan diskusi, serta penulisan pantun

3 – 30 November 2023

5

Pengeditan hasil litera yang dilakukan oleh guru

Desember 2023

6

Hasil tulisan siswa masuk kepercetakan untuk dijadikan antologi kelas

Desember 2023

B. Pelaksanaan

Kegiatan menulis ini diawasi oleh seluruh guru kelas pada saat PJBL siang hari. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan. Mendorong kreativitas dengan menulis pantun budaya dapat menjadi langkah efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V SD Al Muslim Tambun. Langkah-langkah penerapan best practice ini dapat diuraikan sebagai berikut. Pertama, mengenalkan siswa pada kekayaan budaya lokal melalui cerita, lagu atau tradisi yang dapat dijadikan inspirasi. Kedua, memberikan pemahaman tentang struktur dasar pantun dan ciri-cirinya sehingga siswa memahami konsep dasar penulisan pantun. Ketiga, ada sesi brainstorming untuk merangsang kreativitas siswa menemukan tema-tema berima budaya. Pada titik ini mendorong mereka untuk menggali nilai-nilai budaya dan tradisi yang dapat ditonjolkan dalam pantun. Keempat, memberikan panduan praktis tentang teknik rima yang baik seperti penggunaan kata yang bermakna, perpaduan ritme, dan struktur ritme. Kelima, mengadakan acara pengenalan pekerjaan di mana siswa dapat saling berbagi pantun dan memberikan dukungan positif. Dengan demikian, langkah-langkah tersebut dapat menjadi landasan yang kuat untuk menumbuhkan kreativitas menulis pantun budaya dan meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V SD Al Muslim Tambun.

C. Hasil visual

Literati menulis pantun budaya didokumentasikan dan diunggah pada link Share drive pengumpulan tugas, dokumen yang diunggah berupa gambar kegiatan menulis dan hasil menulis. Berikut ini dokumentasi “Menumbuhkan Kreativitas Menulis untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Pantun Budaya SD Al Muslim Tambun” berikut;

Hasil literasi menulis siswa

Pantun Melayu

Muhammad Reizo Ramadean

Duduk bersanding di dekat balai

Sambil berbincang dengan bu Ayu

Enak sekali masakan gulai

Masakan khas daerah melayu

Pergi ke hutan melihat burung

Hutan itu dekat Rumah Pak Bayu

Disini kita memakai baju kurung

Sebagai tanda kami orang melayu

Belajar bahasa dengan bu Imas

Ketika belajar ada pantun merayu

Kami tinggal di rumah Limas

Karena kami berdarah melayu

Pantun Daerah Palembang

Ardiaz Malik Dinendra

Ke Palembang mau rehat sejenak

Melihat anak yang menawan

Jika mau makanan yang enak

Ayolah kita memakan tekwan

Jalan-jalan ke Palembang

Melihat orang mencium bunga anggrek

Kalau mau makanan yang digoreng

Marilah memakan pempek

Pagi hari memakan pisang matang

Sambil menemui ibuku tersayang

Aku pergi ke restoran di Palembang

Di restoran aku memakan kue lumpang

Hasil Literasi Menulis Pantun Budaya Lengkap

1. Link Pantun kls Hamzah

https://docs.google.com/document/d/1ZSKTeFqYLGLKGomAkC92qppVU1n5A8q0/edit?usp=sharing&ouid=114681562439599453616&rtpof=true&sd=true

2. Link Pantun Kelas Zubair

https://docs.google.com/document/d/1iG3KRTUW_a4Rqp3QIKc3G6c21ZPcneCn-5Xjv4pOi4k/edit?usp=sharing

D. TiTindak Lanjut

Untuk meningkatkan kreativitas menulis pantun budaya dan meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 5 SD Al Muslim Tambun, guru memberikan saran sebagai berikut sebagai penghargaan terhadap pembelajaran berbasis proyek: 1. Mendorong siswa untuk mengeksplorasi kekayaan budaya lokal sebagai inspirasi pantun. Libatkan mereka dalam aktivitas luar ruangan, wawancara dengan tokoh budaya setempat, atau kunjungan ke situs bersejarah. 2. Memfasilitasi lokakarya kreatif yang mendorong pemikiran bebas dan imajinatif. Memberikan umpan balik positif secara teratur untuk membangun kepercayaan diri dalam menulis. 3. Menyelenggarakan pameran atau pameran karya pantunnya untuk meningkatkan motivasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post