Masita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Perbedaan Karya Ilmiah dengan Karya Non Ilmiah

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Istilah karya ilmiah dan nonilmiah merupakan istilah yang sudah sangat lazim diketahui orang dalam dunia tulis-menulis. Berkaitan dengan istilah ini, ada juga sebagian ahli bahasa menyebutkan karya fiksi dan nonfiksi. Terlepas dari bervariasinya penamaan tersebut, hal yang sangat penting untuk diketahui adalah baik karya ilmiah maupun nonilmiah/fiksi dan nonfiksi atau apa pun namanya, kedua-keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan-perbedaan yang dimaksud dapat dicermati dari beberapa aspek. Pertama, karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (faktual objektif). Faktual objektif adalah adanya kesesuaian antara fakta dan objek yang diteliti. Kesesuaian ini harus dibuktikan dengan pengamatan atau empiri.

Kedua, karya ilmiah bersifat metodis dan sistematis. Artinya, dalam pembahasan masalah digunakan metode atau cara-cara tertentu dengan langkah-langkah yang teratur dan terkontrol melalui proses pengidentifikasian masalah dan penentuan strategi.

Ketiga, dalam pembahasannya, tulisan ilmiah menggunakan ragam bahasa ilmiah. Dengan kata lain, ia ditulis dengan menggunakan kode etik penulisan karya ilmiah. Perbedaan-perbedaan inilah yang dijadikan dasar para ahli bahasa dalam melakukan pengklasifikasian. Karya nonilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum. Karangan nonilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi, dan umumnya bersifat subyektif. Bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya nonformal dan populer, walaupun kadang-kadang juga formal dan teknis.

Karya non ilmiah bersifat

Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi Persuasif : penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca,mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative. Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif. Jika kritik ada kalanya tanpa dukungan bukti.

Ciri Karya Ilmiah

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku. Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal, dengan banyak menggunakan bentuk pasif, tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua. Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup. Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. Artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak.

Manfaat Karya Tulis Ilmiah

Dapat melatih pengembangan keterampilan membaca yang efektif. Sebagai pengenalan dengan aktivitas kepustakaan Mendapatkan kepuasan intelektual Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk peneliti selanjutnya Sebagai peningkatan perorganisasian fakta dan data secara sistematis Dapat melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber

Ciri-Ciri Karya Non Ilmiah

Ditulis berdasarkan fakta pribadi. Fakta yang disimpulkan subyektif. Gaya bahasa konotatif dan populer. Tidak memuat hipotesis. Penyajian dibarengi dengan sejarah. Bersifat imajinatif. Situasi didramatis, dan Bersifat persuasif.

Fungsi untuk Penelitian Dalam hal ini karya tulis ilmiah di tulis berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan berguna juga untuk peneliti dalam mempraktekkan prosedur ilmiah

Fungsi untuk Pendidikan

Fungsi yang pertama yaitu untuk pendidikan, dimana dengan menulis karya ilmiah akan memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi penulisnya. Karena penulis akan mampu berfikir, menulis dan mempertanggung jawabkan hasil dari penelitiannya.

Fungsi Fungsional Artinya karya tulis ilmiah dapat bermanfaat sebagai alat untuk melakukan pengembangan pengetahuan, sebagai bahan pustaka dan dan untuk kepentingan disiplin ilmu tertentu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post