Mas Padil

Guru Fisika di SMA Terpadu Al-Qudwah, Lebak, Banten....

Selengkapnya
Navigasi Web

7 Hal Tentang PON XX Papua

Pesta olahraga empat tahunan tingkat nasional terbesar di Indonesia atau Pekan Olahraga Nasional (PON) akan kembali digelar. Setelah sempat tertuda karena pandemi Covid-19, PON XX yang berlangsung di Jayapura ini akan bergulir pada 2 Oktober 2021 mendatang.

PON XX ini akan digelar di Papua. Hal ini menjadi sejarah baru bagi Papua. Sejak diadakan pertama kali pada 1948, baru kali ini Papua menjadi tuan rumah.

Nah, selain itu, ada beberapa hal yang perlu kita tahu tentang PON XX.

1. Menelan biaya APBN sekitar Rp 10 miliar. Dari merdeka.com mengutip video tiktok @kemenkeuri fasilitas pembangunan empat fasilitas besar tersebut menelan biaya APBN murni mencapai sebesar Rp953,5 miliar.

2. Digelar di 4 klaster/tempat yaitu di Kabupaten Mimika, Kabupaten Marauke, Kabupaten Jayapura dan di Kota Jayapura.

3. Akan dilombakan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, 679 nomor pertandingan, dan melibatkan 6442 atlet.

4. Dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021. Jangan sampai kelewat ya. Saksikan pula kemeriahan opening ceremony pada 2 Oktober 2021 pukul 20:20 WIT.

5. Papua punya stadion bertaraf internasional. Namanya stadion Lukas Enembe. Dulunya bernama stadion Papua Bangkit. Di bangun di atas tanah seluas 13 hektar, stadion ini setara dengan Stadion GBK.

6. Maskot PON XX Papua adalah Kangpho dan Drawa. Kangpho atau kepanjangan dari Kanguru pohon, selama ini populer sebagai satwa khas Australia, nyatanya ada di Papua.

Drawa adalah burung jantang dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada bagian sisi perutnya. Sementara bulu bagian dada berwarna cokelat tua. Paling uniknya lagi, pada ekor Drawa terdapat dua buah tali yang panjang berwarna hitam.

7. Sambut Harapan Baru, Mentari Baru Dari Timur merupakan tema pelaksanaan PON XX Papua. Taglinenya Torang Bisa! Sebuah tema dan ungkapan yang menunjukkan harapan dan optimisme bangsa Indonesia.

Temukan fakta lainnya di artikel ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

01 Aug
Balas

Salam literasi, Pak..makasih sudah mampir

02 Aug
Balas



search

New Post