Mas Padil

Guru Fisika di SMA Terpadu Al-Qudwah, Lebak, Banten....

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan Ringan dari IBF 2020. Tantangan Hari Ke-26

IBF sangat efektif menumbuhkan minat baca. Banyaknya buku yang digelar menjadi magnet pengunjung untuk membelinya. Beli dulu, urusan baca belakangan. Kalau sudah punya, pasti tertarik membacanya.

Atau, melihat teman beli buku, kita juga akan tertarik melakukan hal serupa.

Dari tahun ke tahun pelaksanaan IBF selalu meraih. Pengunjungnya semakin meningkat. Menurut saya hal ini disebabkan oleh dua hal yaitu meningkatnya budaya literasi dankemasan acara yang menarik.

Sebelumnya, budaya literasi bangsa kita memang menjadi sorotan lantaran sangat rendah.

Bahkan laporan PISA 2019 pada Desember lalu juga masih menempatkan Indonesia pada urutan ke-72 dari 77 negara.

Saya selalu hadir ke IBF dalam enam tahun terakhir. Meskipun tak selalu membeli buku. Sengaja membawa serta keluarga. Sebab di IBF tak hanya menyediakan buku tapi juga ada sarana main anak. Di sana anak bisa merasakan berbagai sarana bermain yang bisa meningkatkan motorik dan kemampuan berpikirnya.

Membawa keluarga juga sebagai sarana menumbuhkan kecintaan sesama anggota keluarga. Sebelum berangkat keluarga bisa rapat keluarga membahas persiapan dan tujuan perjalana. Di perjalanan, keluarga bisa latihan menumbuhkan kepekaan antaranggota keluarga. Misalnya dengan saling berbagi beban, dan berbagi makanan atau minuman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post