Mas Padil

Guru Fisika di SMA Terpadu Al-Qudwah, Lebak, Banten....

Selengkapnya
Navigasi Web

Marah Guru Berarti Peduli? Tantangan Hari Ke-10

#TantanganGurusiana

Bolehkah guru marah pada siswa? Ini menjadi perdebatan banyak orang. Ada yang bilang, siswa perlu juga dikerasi (baca: dimarahi) jika perbuatannya sudah keterlaluan.

Misalnya sikapnya yang sangat tidak sopan, melanggar peraturan, atau bertindak semaunya.

Ada juga yang tak menghalalkan marah

karena siswa harus dilembuti. Terutama penganut ide humanisme dalam kelompok ini.

Salah anak dihadapi dengan kelembutan. Pelanggaran disikapi dengan keramahan. Sikap guru sangat bersahabat.

Maka, Anda di pihak mana? Apakah team guru yang mau marah atau tak mau marah?

Pilihannya kembali kepada kita. Yang tidak kalah penting adalah jika marah, kemarahannya guru harus berdasar. Marahnya ada alasan untuk mendidik anak.

Bukan marah ngawur yang tidak jelas apa yang menjadi alasan kemarahan. Tak jelas punya kesalahan anak sehingga mereka berhak untuk dimarahi.

Marah guru pada umumnya juga untuk mendidik. Agar siswa memiliki akhlak yang baik. Agar sikapnya benar sesuai yang diinginkan ketika dia masuk ke sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post