Mas Rahman

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembatalan Hasil Pemilu  2024 ?.

Pembatalan Hasil Pemilu 2024 ?.

Pembatalan Hasil Pemilu 2024 ?

Mas Rahman

Tulisan ke 213

*****

4 hasil Pemilihan Umum di dunia yang dibatalkan oleh pengadilan. Apakah ini juga akan terjadi di hasil Pemilu 2024 di Indonesia ?.

Pemilu merupakan pilar demokrasi dimana rakyatnya memilih pemimpinnya secara transparan. Tetapi sejarah menunjukkan tidak semua Pemilu berjalan dengan baik. Apabila terjadi kecurangan yang menghambat jalan proses demokrasi memaksa pembatalan hasil Pemilu demi menjaga integritas dan keadilan. Ada 4 hasil pemilu di dunia yang dibatalkan seperti Kenya 2017, Malawi 2019, Bolivia 2019 dan Ukraina 2004. Pembatalkan hasil Pemilu ini karena melanggar aturan pemilu yang sudah ditetapkan. Akhirnya dilaksanakan Pemilu yang kedua kali untuk memilih pemimpinnya.

Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) secara resmi mengumumkan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilihan Presiden 2024. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU pasangan no 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming dinyatakan sebagai Pemenang Pilpres 2024. Tetapi proses Pilpres dipastikan belum selesai setelah pasangan no1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan pasangan no 3, Ganjar Pranowo - Mahfudz MD mengajukan gugatan perselisihan hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi ( MK ). Kalau semula perhatian publik tertuju kepada perolehan suara ke KPU, kini perhatian publik mengarah ke MK ( 30/3/24 ).

Apakah MK akan membatalkan hasil Pemilu 2024 dengan alasan melanggar asas pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil ?.

Salam Literasi.

Pariaman, 6/4/24.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post