Masrukah Azizah

Ingin selalu bermanfaat untuk orang lain.Setiap pagi menyapa dan tersenyum bersama siswa-siswi MI Unggulan Al Ishlah Tembokrejo. Mengajar adalah ibadahku...men...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembinaan Guru DPK ' Mutasi Bukan Momok Yang Ditakuti'

Pembinaan Guru DPK ' Mutasi Bukan Momok Yang Ditakuti'

Pada hari Senin tgl 22 Mei 2023 tidak kurang dari 76 ASN yang diperbantukan di madrasah swasta( DPK) dikumpulkan di ruang aula Kemenag Kab. Banyuwangi untuk dilakukan pembinaan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Banyuwangi DR.Amak Burhanudin, M.Pd.I

Pada pertemuan kali ini beliau menyapaikan bahwa setiap ASN harus siap ditempatkan di mana saja dan kapan saja. Pergeseran ASN di tempat tugas baru itu hal yang biasa dan lumrah. Apalagi baru saja dilantik 11 pengawas baru yang diambil dari guru-guru Satker Negeri.Tentu saja guru DPK sangat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan tenaga pendidik sebelumnya.

Ada dua poin penting yang harus dimiliki seorang guru;

Pertama, guru harus mempunyai 4S = Syukur, Sehat, Semangat,Sukses

Kedua, guru harus memiliki 5K

Kemauan berubah

Guru harus terus berkreasi dan berinovasi, tidak boleh statis. Apalagi di jaman teknologi modern guru harus mampu mengoprasikan komputer. Digitalisasi tidak boleh ketinggalan

Kualifikasi

Kualifikasi artinya guru harus terus menerus menimba ilmu dari mana saja, baik dari internet maupun buku -buku. Guru yang sudah SI berupaya menempuh S2, S3 dan seterusnya.

Kompetensi

Guru harus meningkatkan kemampuannya dan terus mengembangkan dirinya melalui kegiatan workshop, seminar, lokakarya dan diklat-diklat lainya.

Kemampuan guru harus terus diasah agar benar-benar menjadi guru profesional yang sangat diharapkan untuk mengimbangi derasnya arus globalisasi

Karir

Guru harus terus berupaya meningkatkan karirnya. Misalnya, dari seorang guru harus bisa menjadi kepala madrasah, menjadi pengawas, bahkan tidak hanya mimpi menjadi Kakankemenag dsb.

Kinerja

Guru harus terus mengevaluasi dalam kinerjanya, cara mengajar tidak boleh monoton, guru berfikir kreatif apa yang harus ditingkatkan dalam upaya mendidik siswa sebagai penggerak peradaban.

Kemudian dilanjutkan bimbingan oleh Kasi Pendma Dimyati, SAg.M.Ag

Beliau menyampaikan bahwa;

Program Pendma tahun 2022 ada 3 macam;

1. Matawangi= Madrasah Digital Banyuwangi

Madrasah diharapkan memiliki website. Sehingga informasi dan kegiatan apapun bisa diunggah melalui website madrasah sendiri.

2. SakaSanaSaku

Satu kegiatan, satu narasi, satu buku

Semua kegiatan harus ditulis lalu dijadikan sebuah buku.Sehingga guru-guru diharapkan punya karya sendiri melalui tulisan yang dihasilkan dari beberapa kegiatan guru itu sendiri. Sekaligus untuk mengasah kemampuan dalam menulis.

3. MRA= Madrasah Ramah Anak.

Dengan program ini diharapkan orangtua wali murid merasa aman ketika menyekolahkan anaknya di madrasah.

Madrasah menjamin keselamatan dan kenyamanan siswa dari segala bentuk kekerasan dan bulyan. Tempat bermain dan belajar yang tenang, damai dan tentram.

Beliau juga menyampaikan gebrakan yang akan dilaunching Pendma pada bulan Juli mendatang yakni ada 2 ;

Sidimaswangi =Aplikasi digital madrasah banyuwangi

Pesesukma = Peduli sesama sukses bersama.

Itulah hasil pembinaan dari Kepala kantor kementerian agama dan juga Kasi Pendma yang terus memacu semangat para guru-guru DPK di lingkungan Kementerian agama. Sehingga akan terwujud guru prestasi, kamad prestasi, pengawas prestasi. Seiring sejalan tercipta madrasah mandiri berprestasi melengkapi julukan Banyuwangi "Sun Rise of Java"

22052023

#MadrasahUnggul

#MadrasahMandiri

#MadrasahBerprestasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post