Masrukah Azizah

Ingin selalu bermanfaat untuk orang lain.Setiap pagi menyapa dan tersenyum bersama siswa-siswi MI Unggulan Al Ishlah Tembokrejo. Mengajar adalah ibadahku...men...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEMANGAT MATSAMA 2023 DI MI UNGGULAN AL ISHLAH
Dok. MATSAMA 2023

SEMANGAT MATSAMA 2023 DI MI UNGGULAN AL ISHLAH

Dalam suasana penuh semangat dan antusiasme, siswa-siswa baru memasuki pintu gerbang madrasah dengan harapan dan kegembiraan yang membara. Dengan wajah berbinar siswa siswi berlarian agar segera mendapatkan bangku paling depan.

Tak ketinggalan para orangtua wali siswa baru ikut meraksek masuk kelas untuk mencarikan tempat duduk yang dianggap paling dekat dengan gurunya. Mereka berpikir jika duduk dekat guru yang mengajar anaknya bisa fokus dan dapat perhatian lebih dari guru yang mengajar. Padahal tidak demikian, tempat duduk akan digeser dan dibentuk berubah- ubah setiap sebulan sekali oleh guru, agar semua siswa mendapatkan pengajaran yang merata. Tentu saja dengan kurikulum baru, guru akan lebih leluasa mengatur pola pengajaran sesuai kebutuhan dan pemahaman siswa.

Selamat datang di MI Unggulan Al Ishlah . Dimana hari ini, Senin, 17 Juli 2023 telah dimulai Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang sangat dinantikan.

Diawali dengan upacara bendera yang diikuti seluruh siswa.Dipinpin oleh wakil kepala madrasah Dedik Hady Mustofa, S.Pd ( Kepala sedang melaksanakan haji).

Beliau menyampaikan materi yang sudah dipesankan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Banyuwangi Dr. Amak Burhanudin, M.Pd.I dari Makkah ( kebetulan beliau juga sedang melaksanakan ibadah haji tahun ini). Beliau berpesan tema Matsama tahun ini yakni tentang "Moderasi beragama oleh para Agen, Kader dan Duta Moderasi beragama di Kemenag atau di madrasah masing-masing dalam rangka untuk membangun pondasi siswa siswi yang moderat dengan memegang teguh 4 pilar moderasi beragama, yaitu :

1. Komitmen Kebangsaan

2. Anti kekerasan

3. Toleransi

4. Adapted Budaya

Diharapkan siswa-siswi madrasah menjadi pelopor moderasi dan juga teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu Dedik Hady Mustofa juga menyampaikan;

"Selama masa ta’aruf ini, kami telah menyiapkan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membantu kalian beradaptasi dengan lingkungan baru dan menjalin hubungan baik antara siswa dan guru, serta sesama siswa. Kami ingin kalian merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani perjalanan pendidikan kalian di sini.” imbuhnya.

Disambut dengan tepukan riuh oleh para siswa bertanda sangat senang.

Upacara diikuti siswa dengan hidmat dan penuh perhatian. Kalimat demi kalimat penyemangat terus didengungkan oleh P Dedik, sehingga siswa tidak sabar ingin segera berhamburan untuk mengikuti acara selanjutnya.

Setelah doa dibacakan. Upacara pun telah usai. Siswa masuk ke kelas masing-masing

Kegiatan-kegiatan beragam dan menarik akan diadakan selama 3 hari Matsama. Mulai dari permainan kolaboratif yang membangun kerjasama, sesi diskusi yang mendorong pemikiran kritis, hingga presentasi inspiratif dari para guru senior MI Unggulan Al Ishlah yang berbagi pengalaman mereka selama berada di madrasah yang sudah tidak diragukan lagi kepiawaianya.

Selain kegiatan di dalam ruangan, para siswa baru juga diajak untuk menjelajahi fasilitas madrasah yang dianggap memadai. Mereka berkeliling melihat ruang kelas, kantin, perpustakaan, serta fasilitas olahraga dan juga toilet madrasah. Ini merupakan hal penting karena siswa baru harus bisa mandiri di saat mereka membutuhkan setiap saat. Ini memberi mereka gambaran lengkap tentang kehidupan sehari-hari selama belajar di MI Unggulan Al Ishlah.

Tak hanya itu, Matsama juga memberikan penekanan pada nilai-nilai karakter yang penting. Siswa baru diajak untuk mengembangkan sikap saling menghargai, kerjasama, kepemimpinan, dan integritas. Melalui diskusi dan kegiatan kreatif, mereka belajar bahwa kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh pencapaian akademik, tetapi juga oleh integritas dan nilai-nilai moral yang seti hari diterapkan.

Pada hari ketiga Matsama, adalah hari yang paling seru. Dimana siswa diajak bermain, berlomba, berkreasi dengan berbagai macam permainan dan unjuk kebolehan. Yang punya bakat menyanyi, menari, berlenggak-lenggok. Semua dengan asyiknya saling adu keberanian. Walaupun masih terlihat, salah satu dari mereka ada yang menangis karena tidak mau ditinggal ibunya. Namun di panggung gembira ini telah menjadikan mereka mengenal teman-teman baru yang nanti akan belajar bersama. Tidak hanya itu pembelajaran tentang kerjasama, saling asah asih asuh, telah tercipta.

"Horee.... selamat datang di MI Unggulan Al Ishlah Tembokrejo tahun 2023. Kita songsong bersama, masa ta’aruf ini sebagai awal yang positif dan membuka pintu bagi kesuksesan putra - putri Anda, yees....yees...!"

220723

#MadrasahUnggul

#MadrasahMandiriBerprestasi

Nama Kamad: Masrukah, M.Pd

Ttl : Banyuwangi 15 Pebruari 1974

Tempat Tugas : MI Unggulan Al Ishlah

Tembokrejo Muncar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post