Mastura, S.Pd.,M.Pd

MASTURA, lahir pada tanggal 25 Desember 1979 di Maroangin, salah satu kota di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan . Penulis merupakan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Satgas JSDI Sukses Adakan Jambore TIK Nasional Tahun 2021

Satgas JSDI Sukses Adakan Jambore TIK Nasional Tahun 2021

Makassar, 2021. Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) melalui Satuan Tugas Nasional Pandu Digital JSDI menyelenggarakan Jambore Tik Nasional tahun 2021, sebagai salah satu program kerja Ekstrakurikuler pandu digital. (18/11/2021)

Setelah melakukam seleksi peserta, Jambore Tik Nasional diadakan di Makassar, tepatnya di SMANKO, Sekolah Menengah Atas Negeri Keberbakatan Khusus Olahraga dengan jumlah peserta online lebih dari 1800 orang dan peserta offline sebanyak 222 peserta yang berasal dari 51 sekolah.

Kegiatan Jambore Tik Nasional di buka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama RI, bapak Zainut Tauhid Sa’adi. Pada jam 13.20 WITA di Aula olahraga SMANKO dihadapan 222 peserta didik serta seluruh pendampingnya dan juga di saksikan secara online oleh peserta didik dari berbagai daerah melalui Zoom meeting dan live streaming You Tube. Dalam pembukaan Jambore TIK Nasional, tampil memberikan laporan tentang kegiatan adalah ketua panitia, bapak Suardam Djamadi, S.Pd.,MM kemudian diikuti sambutan. Sambutan pertama dibawakan oleh ketua Umum JSDI, Bapak Muhammad Ramli Rahim diikuti Koordinator Pandu Digital, Bapak H. Ansyar Syukur,S.Kom,M.I.Kom. Selanjutnya, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kadisdik, Bapak Imran Jausy, M.Si dan di penghujung acara pembukaan, sambutan oleh wakil menteri agama Bapak Drs. H. Zainut Tauhit Sa’adi,M.Si sekaligus membuka acara secara resmi.

“ Kegiatan ini pertama kalinya dilaksanakan di Sulawesi Selatan dan diikuti oleh 222 peserta secara offline ditambah peserta dari rumah secara online. Hal ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Ketua JSDI Enrekang sekaligus kepala SMA Negeri 12 Enrekang, Bapak Suardam Djamadi, S.Pd., menjelaskan.

Beliau juga menambahkan bahwa seluruh peserta yang hadir diminta untuk membawa surat rekomendasi dari sekolah, surat izin orang tua dan bukti bahwa telah melakukan vaksinasi covid-19.

Kegiatan Jambore TIK Nasional tahun 2021 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 20 November 2021. Hari pertama setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari Dirjen PAUD, Dikdasmen Kemdikbudristek, Bapak Jumeri,S.TP.,M.Si dan juga materi dari Dirjen APTIKA Kemkominfo, bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc.

Setelah istrahat untuk melaksanakan shalat Duhur dan makan siang, acara dilanjutkan dengan materi penting tentang pandu digital yang dilaksanakan secara offline yang dibawakan oleh para pakar dalam pandu digital yakni Ibu Ika Ayuvia Johan, S.Pd, Ansar, M.I.Kom, Andi Muliana, K, S.Pd, Zulkifli, S.Kom. Muh. Irwan Abdullah, M.Pd serta ibu Syamsiah Syam ,S.Kom. Untuk kegiatan secara online acara dibawakan oleh Syamril, ST,M.Pd, Eli Ellyani, S.Pd, Mulahizmun Amien,S.Pd.I.MM, dan tampil sebagai MC, Jufriadi S.Pd pada sesi online 1. Pada online 2, materi dibawakan oleh Pusdatin kemdikbud Ristek, Andi Sulistiyono, serta Liza Timmy Zulva, SE, Eka Gustiani,,S.Pd, dan tampil sebagai MC adalah Agusnawati, S.Pd, M.Pd.

Untuk online 3 atau webinar 3, materi dibawakan oleh Dinda, Trisyani Tahir,S.Pd, Hj. Sitti Zaenab,S.Pd, dan tampil sebagai MC yakni Andi Dinipatriany, S.Pd sedangkan pada online 4 atau webinar 4 materi dibawakan oleh guru besar UNM, bapak Prof. Dr. Heri Tahir, SH,MH dan dilanjutkan oleh Muh. Akbar Saleh, S.Pd dan Muh. Zaenal Abidin, M.Pd. Pada webinar 4 ini, muhammad hajir tampil menjadi Master of Ceremony.

Kegiatan hari pertama ditutup dengan lomba Brain Chalange’s Competititon yakni Crossword Puzzle, Jumble Word, Hidden Picture dan Treasure Hunt yang diikuti oleh seluruh peserta yang telah mendaftar lomba tersebut. Kegiatan berlangsung seru hingga hari akhir kegiatan. Peserta offline menikmati setiap lomba yang diadakan walaupun beberapa lomba memiliki sedikit kendala saat akan masuk lomba secara virtual. Peserta online pun menikmati setiap kegiatan yang diadakan walau terkadang terjadi gangguan jaringan. Hal ini diakibatkan server yang mengalami sedikit kendala akibat banyaknya yang mengakses dari peserta offline maupun online, namun semuanya sangat menyenangkan dan membuat peserta bersemangat.

"Kami sangat bersyukur telah diundang dalam kegiatan jambore ini. Anak anak kami bisa menimbah ilmu serta memiliki pengalaman dalam jambore TIK dan insya Allah akan mengembangkan eskul pandu digital di sekolah kami, ujar salah satu pembina dari SMK Negeri 3 Enrekang yang sempat hadir dalam perkemahan, ibu Sri Ratnasari, S.Pd. Beliau mendampingi siswanya yang berjumlah 2 Tim bersama ibu Citra. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh peserta Jambore TIK Nasional baik yang secara offline ataupun online.

Peserta online dari berbagai daerah yang tetap semangat mengikuti kegiatan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase yang keren Bu. Teruslah menebarkan kebaikan

20 Nov
Balas

Asyik menikmati tulisan, berharap penulis salah satu MC kegiatan, ternyata blm muncul2 namax , apkh ada hubungan debit air yg kurang, ha ha

20 Nov
Balas



search

New Post