Maulana Malik Ibrahim

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Memahami Social Distancing dengan Bijaksana

Cara memahami makna Social Distancing, dalam keadaan Lockdown sekalipun bukan berarti jalanan setiap gang di tutup pagar, di tutup portal 24 Jam.. Itu namanya pemahaman yang salah, kurang bijaksana sebab mengapa? Makna Social Distancing itu adalah untuk berdiam diri dirumah tanpa keluar rumah kecuali keperluan yang darurat atau mendesak.

Ini adalah kesalahpahaman segelintir tokoh masyarakat setempat dalam menafsirkan Social Distancing yang berimbas pada perilaku sosial yang menyulitkan masyarakat kelas bawah, seperti para pedagang sayur keliling, pedagang air isi ulang, tukang sol sepatu, kurir pesanan paket, jasa ojek online yang dimana mereka bekerja dijalan untuk kebutuhan hidup dimasa sulit tapi malah ditambah sulit.

Coba bayangkan betapa banyak pengantar paket atau ojek online yang harus turun depan gang menaruh kendaraannya lalu berjalan kaki mencari rumah penerima paket sampai di ujung jalan gang, ditambah para pedagang tukang sayur yang sulit mendapatkan pembeli termasuk tukang sol sepatu keliling dan lain sebagainya.

Penerapan Social Distancing harusnya lebih kepada anjuran masyarakat untuk banyak aktivitas dirumah terlebih dengan berlakunya Work From Home yang sudah berjalan beberapa pekan, juga pelajar yang belajar dari rumah itu sudah cukup, kalaupun harus ada pembatasan akses keluar masuk warga luar kedalam pemukiman bukan dengan cara menutup jalan 24 Jam dengan portal lalu, yang jaga duduk asik berkumpul berdiskusi sambil menikmati kopi dan lebih dari 4 orang maka itu sama saja sia-sia toh nyatanya malah berkumpul disatu titik.

Harusnya kita memahami bahwa pembatasan sosial berskala besar adalah upaya pencegahan namun bersifat adil dan bijaksana bukan seperti hal diatas sebab dimasa sulit ini, ada begitu banyak mereka yang mencari nafkah hidup dari berkeliling terlepas mereka sengaja ataupun terpaksa melakukan hal itu, sebab tak semua masyarakat kelas bawah, atau mereka yang hidup dari usaha dijalanan bisa dijamin mendapatkan kebutuhan pokok selama masa ini, kecuali keadilan merata bagi mereka yang terkena dampak langsung akibat pencegahan wabah COVID 19 ini.

Semoga kita masih bisa menerapkan cara cara Social Distancing dengan baik dan bijaksana agar tetap mengutamakan asas manusiawi.

#socialdistancing

#psbb

#coronacovid19

#stoptutupjalanberlebihan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post