Best Practices PPG Daljab Kategori 2 dan RTL
LK 3.1 Menyusun Best Practices dan Rencana Tindak Lanjut
(PPL 1,PPL 2, PPL 3,PPL 4)
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practices)
Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
PPG Dalam Jabatan Kategori 2
Maya Amalia, S. Pd
**(censored)**
PPG DALAM JABATAN KATEGORI 2
UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA
TAHUN 2022
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
SMK Rahayu Ihsani Cigugur, Kab. Pangandaran
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
PPL 1
Dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan media pembelajaran yang variatif (LKPD, WA, Proyektor, Video Pembelajaran, Classroom), guru dapat meningkatkan minat baca peserta didik dalam menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi
PPL 2
Dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan media pembelajaran yang variatif (LKPD, WA, Infokus, Video Pembelajaran), guru dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam menganalisis strukur dan kebahasaan teks prosedur
PPL 3
Dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan media pembelajaran yang variatif (LKPD, WA, Proyektor, Video Pembelajaran, Poster, Classroom), guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
PPL 4
Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dan media pembelajaran yang variatif (LKPD, WA, gawai, Proyektor, Video Pembelajaran, Classroom), guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi dalam bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis
Penulis
Maya Amalia, S. Pd
Tanggal
PPL 1: Sabtu, 15 Oktober 2022 10.00-11.30
PPL 2: Kamis, 27 Oktober 2022 10.30-12.00
PPL 3: Kamis, 10 November 2022 Pukul 07.00-08.30
PPL 4 :Kamis, 24 November 2022 Pukul 08.30-10.00
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :
PPL AKSI 1
Siswa kurang mampu dalam menganalisis teks negosiasi. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal:
a. Guru tidak memfasilitasi peserta didik untuk dapat menumbuhkan minat baca pesera didik
b. Guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif
c. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang variatif
d. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang bisa menggugkan semangat peserta didik
e. Siswa kesulitan membedakan isi dari bteks negosiasi berupa pengajuan, penawatran, dan persetujuan
PPL 2
Siswa kurang mampu dalam menganalisis teks prosedur. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal:
a. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga guru tidak menghadirkan pembelajaran yang inovatif
b. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik
c. Guru belum mengguanakan media pembelajaran yang menarik
d. Peserta didik malas mengerjakan tugas menganalisis struktur tdan kebahasaan teks prosedur (motivasi belajar peserta didik)
e. Siswa masih kebingungan menetukan dan membedakan kalimat pimperatif dan persuasif
PPL 3
Siswa kurang mampu dalam menulis teks prosedur. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal:
a. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional
b. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang efektif
c. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang bisa memotivasi peserta didik
d. Rendahnya motivasi peserta didik
e. Peserta didik belum mampu membuat langkah-langkah dalam teks prosedur secara sistematis dan runtut
PPL 4
a. Guru masih menggunakan model pembelajaran klasikal
b. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa mampu berpikir kritis
c. Guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat siswa bersemangat dalam pembelajaran
d. Rendahnya motivasi peserta didik dalam menulis teks biografi
e. Peseta didik belum mampu menulis teks biografi sesuai dengan kerangka yang sudah disusun
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :
Praktik ini penting untuk dilakukan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran diantaranya :
a. Praktik ini penting dibagikan untuk memberikan pemahaman bahwa praktik ini baik dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran guru dalam menggunakan penerapan pembelajaran berbasis TPACK agar menunjang materi yang akan disampaikan
b. Praktik ini memotivasi diri saya sendiri juga untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dapat menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan
c. Mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disajikan melalui pembelajaran berbasis TPACK
d. Menjadi inspirasi atau referensi bagi rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan yang saya alami, sehingga berdampak pada perbaikan pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
e. Tercapainya pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah disusun
f. Pembelajaran tidak berpusat pada guru melainkan peserta didik yang berperan aktif dalam pembelajaran
Yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini :
1. Memfasilitasi peserta didik dengan menghadirkan teks-teks yang bisa membuat peserta dididk termotivasi dalam belajara. Selain itu, supaya materi yang disampaikan mudah diterima dengan baik
2. Memberikan kesempatan kepaada peserta didik untuk bebas mengemukakan pendapat tentang materi yang diajarkan.
3. Bertanggung jawab untuk meningkatkan hasil capaian belajar peserta didik, mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses mengajar, serta menyusun masalah yang telah diidentifikasi
4. Sebagi pendamping pemeblajaran yang selalu siap memebimbing peserta ddidik pada saat proses pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran.
5. Bertanggung jawab mendesain pembelajaran yang inovatif dan jreatif sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan untuk mencapai tujuan
PPL AKSI 1
1. Video PPL yang tidak bisa dibuka sehingga mengharuskan perekaman ulang
2. Masih kurangnya fasilitas di sekolah sehingga mengharuskan membawa peralatan perekaman dari rumah
3. Keaktifan peserta didik masih kurang tetapi ada perubahan dari pembelajaran seblumnya
PPL AKSI 2
1. Proses perekaman yang kurang maksimal karena hanya dibantu oleh satu rekan saja
2. Perekaman yang diambil sebagian dari belakang saja sehingga tidak begitu memperlihatkan keaktifan siswa
PPL AKSI 3
1. Jadwal PPL yang tidak sesuai dengan rencana awal sehingga persiapan kurang maksimal
2. Susah mengajak kerjasama peserta didik untuk datang lebih awal karena perekaman terlalu pagi sedangkan tempat tinggal peserta didik yang jauh
PPL AKSI 4
1. Peserta ddiik yang terlihat aktif dalam pembelajaran hanya beberapa orang saja
2. Presentasi peserta didik yang tidak begitu terdengar
3. Clip on yang biasa digunakan tidak berfungsi
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut / strategi apa yang digunakan / bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:
1. Membimbing siswa dalam menyiapakan proses pembelajaran saat PPL
2. Memilih model pembelajaran inovatif
3. Memilih media pembelajaran yaitu media audio visual (Video dan Poster (PPL 3))
4. Memilih metode penugasan, diskusi dan tanya jawab sebagai metode pembelajaran supaya siswa aktif dalam pembelajaran
5. Mempersiapkan ragam media yang digunakan, seperti PPT yang dibuat di canva, LKPD peserta didik sesuai dengan materi pembelajaran, video teks prosesur, negosiasi, dan biografi serta poster untuk menulis teks prosedur
6. Melakukan diskusi dan mendapat bimbingan dari dosen dan guru pamong selama kegiatan PPG khususnya dalam kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran. Hal ini sangat membantu saya dalam mengatasi permasalahan di atas. Selain itu, diskusi yang saya lakukan dengan teman-teman mahasiswa dan teman sejawat/guru di sekolah sangat membantu saya menyelesaikan masalah ini
7. Melakukan kerjasama untuk perekaman ulang PPL 1 dengan rekan sejawat serta koordinasi kembali dengan peserta didik untuk melaksanakan PPL aksi1
8. Pada PPL Aksi 4 membutuhkan kerjasa sama dengan peserta didik dan teman sejawat yang akan melakukan perekaman, karena jadwal perekaman yang tidak sesuai dengan rencana awal
Strategi yang digunakan:
1. Menyusun RPP yang sesuai dengan kurikulum dan dilengkapi dengan model, media dan metode pembelajaran
2. Memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi materi juga sesuai kebutuhan peserta didik. Guru menampilkan video dari platform youtube sebagai penunjang pembelajaran yang menarik dan untuk menstimulus peserta didik. Selain itu guru juga menggunakan media Audio Visual untuk aksi 1-4, tetapi untuk PPL aksi 3 ditambah dengan media poster untuk menulis teks prosedur sebagai LKPD peserta didik supaya peserta didik, agar peserta didik bisa menuangkan ide kreatifnya dalam menulis teks prosedur ke dalam sebuah poster
3. Memilih metode pembelajaran yang variatif dengan terlebih dahulu memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran. Pada setiap PPL guru memilih metode pembelajaran Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi supaya peserta didik lebih aktif dan mampu berpikir krisis selama proses pembelajaran
4. Memilih model pembelajaran yang inovatif serta sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar. Selain itu, sesuai dengan hasil wawancara dan kajian literatur. Pada PPL 1 menggunakan model Discovery Learning dengan materi menganalisis teks negposiasi, PPL 2 model Discovery Learning dengan materi menganalisis teks pprosedur, PPL ke 3 memilih model pembelajaran project based learning dengan materi menulis teks prosedur, dan untuk PPL ke 4 guru memilih model pembelajaran problem based learning untuk menulis teks biografi. Selain itu, melaksanakan setiap langkah pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran yang sudah dipilih.
5. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menyampaikan kegunaan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari. Serta pembelajaran berpusat kepada peserta didik yang menuntut peserta didik untuk terlibat aktif.
Yang terlibat dalam untuk menghadapi tantangan tersebut:
1. Peserta didik kelas X dan kelas XI sebagai sentral dalam proses pembelajaran
2. Rekan sejawat yang membantu terlaksananya perekaman
Sumber daya atau meteri yang diperlukan untuk melaksanakan strategi:
1. Video untuk menstimulus peserta didik yang di download dari youtube yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari peserta didik atau sesuai dengan kompetensi keahlian di sekolah
2. Laptop, Layar, proyektor, Kertas karton
3. Perangkat pembelajaran RPP sesuai dengan kurikulum
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dari PPL 1-4
1. Hasilnya sangat efektif karena pemilihan model pembelajaran yang sangat tepat membuat peserta didik termotivasi dan antusias ketika proses pembelajaran berlangsung terlihat Critical thinking and problem solving, comunication, collaboration, dan creativity and inovation (4c) mulai tampak terlihat pada proses pembelajaran berlangsung
2. pemilihan metode pembelajaran yang sangat efektif memperlihatkan peserta didik mampu aktif dalam pembelajaran dan mampu menyampaikan pendapatnya secara jujur dan tanggung jawab
3. Peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi dengan percaya diri
4. Hasil evaluasi pembelajaran PPL aksi 1-4 semua peserta didik mencapai nilai di atas KKM. Berikut rinciannya:
a. PPL Aksi 1: 25 siswa di atas KKM dengan nilai terendah 80, nilai tertinggi 90 dan rata-rata 83
b. PPL Aksi 1: 25 siswa di atas KKM dengan nilai terendah 80, nilai tertinggi 95 dan rata-rata 85
c. PPL Aksi 1: 23 siswa di atas KKM dengan nilai terendah 85, nilai tertinggi 100 dan rata-rata 87
d. PPL Aksi 1: 25 siswa di atas KKM dengan nilai terendah 85, nilai tertinggi 100 dan rata-rata 86
Respon orang lain terkait strategi pembelajaran yang dilakukan:
1. Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini terlihat termotivasi, terbukti dari kegiatan pembelajaran siswa sudah mulai aktif dalam memberi tanggapan atau jawaban. Selain itu peserta didik lebih kreatif dalam mengerjakan setiap materi pembelajaran.
2. Ice breacking yang dihadirkan membuat peserta didik antusias dan juga lebih fokus untuk memulai pembelajaran
3. Respon dari rekan guru sangat bagus. Mereka ingin menerapkan model pembelajaran inovvatif dan variatif dan media pembelajaran yang digunakan dan menerapkan unsur TPACK dalam kegiatan pembelajaran. Menurut mereka, peserta didik akan lebih memahami materi pembelajaran jika proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran yang variatif serta menerapkan TPACK dalam pembelajaran. Karena menurut mereka hal tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Respon tersebut didapat karena guru membagikan video PPL aksi 1-4 yang sudah diunggah di youtube kepada rekan guru dan kepala sekolah.
Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:
1. Peserta didik cepat memahami materi yang di ajarkan dengan penggunaan model dan metode serta penerapan unsur TPACK dalam pembelajaran
2. Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model-model pembelajaran inovatfif yang dirancang sesuai dnegan kebutuhan peserta didik
3. Mendapatkan bimbingan dari Dosen dan Guru Pamong dalam pembuatan RPP
4. Mendapatkan dukungan dari rekan rekan guru dan kepala sekolah
5. Peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
6. Peserta didik lebih kreatif dalam proses pembelajaran
Pembelajaran dari keseluruhan proses:
Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan tercipta karena pemilihan model, metode, dan media yang tepat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dengan model pembelajaran yang inovatif peserta didik mampu berpikir kritis dan memecahkan masalahnya sehingga dapat berdampak pada peningkatan hasil belajarnya.
RENCANA TINDAK LANJUT KEGIATAN PPL
Nama : Maya Amalia, S. Pd
Hari / Tanggal :
PPL : Aksi 1-4
Kelas : X dan kelas XI
No
PPL Aksi 1
Kegiatan
Bentuk
Waktu
Yang Terlibat
1
Aksi 1
Menganalisis Teks Negosiasi
1. Membuat artikel mengenai bernegosiasi yang baik
2. Peserta didik wajib membuat sebuah negosiasi berupa video yang berhubungan dengan kompetensi keahlian, dan diunggah di Youtube masing-masing
Artikel dan video
Januari 2023
Siswa Kelas X dan guru Mapel
2
Aksi 2
MenaganlisisTeks prosedur
1. Membuat Video pembelajaran yang berkaitan dengan materi menganalisis teks prosedur
2. Meminta izin kepada kepala sekolah untuk membuat seminar sederhana yang dihadiri oleh guru-guru di sekolah untuk menginformasikan mengenai model, metode dan media pembelajaran inovatif dan variatif
Video
Desember 2023
Kepala sekolah, guru-guru atau rekan sejawat, Guru Mapel Bahasa Indonesia
3
Aksi 3
Membuat Teks Prosedur
1. Peserta didik membuat video teks prosedur sesuai dengan bidang pekerjaan dan di upload di youtube masing-masing
2. Membuat teks prosedur mengenai pembuatan sesuatu (makanan) dan dipasarkan atau dijual pada saat acara invitasi
Video dan produk (makanan)
Januari 2023
Waka kesiswaan, Guru Mapel, dan Siswa Kelas XI
4
Aksi 4
Menulis Teks Biografi
1. Peserta didik menulis teks biografi tokoh di daerahnya masing-masing secara individu untuk di buku kan dan disimpan di perpustakaan sekolah
2. Membuat laporan Penilitian Tindakan Kelas (PTK)
Buku dan Laporan
Februari 2023
Guru Mapel Bahasa Indonesia dan Peserta didik
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar