Megawati Purba

Saya seorang guru di tingkat SMP. Ribuaan siswa sudah berinteraksi dengan saya. Ribuan karakter juga yang sudah saya hadapi. Sebagai guru, banyak yang say...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi 32 Tahun SMP Negeri 2 Sulang

Refleksi 32 Tahun SMP Negeri 2 Sulang

Tiga puluh dua tahun. Inilah usia SMP Negeri 2 Sulang. Sebuah sekolah posisi tepatnya berada di desa Seren, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Dari hitungan angka, sekolah ini tidak lagi bisa dibilang muda. Kalau boleh dikatakan, usia ini sudah masuk dalam kategori dewasa. Kalau kita mendengar kata dewasa, pikiran refleks memandang tentang kemapanan. Tapi dari sudut pandang teman saya, usia tua tidak selalu menunjukkan kedewasaan. Pendapat tersebut ada benarnya, karena cara pandang setiap orang juga berbeda.

Ibarat seorang manusia, jika usia mencapai tiga puluh dua tahun, mungkin saja sudah banyak yang dilalui. Jika saja sejak bisa berjalan setiap langkah diukur, entah sudah berapa langkah yang dilalui seseorang. Pada usia ini, seseorang bisa saja sudah memiliki beberapa anak, atau memiliki karir yang cemerlang, atau memiliki pengalaman yang berwarna warni silih berganti.

Demikian juga halnya dengan sekolah ini. Banyak peristiwa yang telah terjadi. Selama tiga puluh dua tahun usianya, ribuan siswa telah merajut asa menimba ilmu, pengetahuan, pengalaman menuju cita-cita masa depan. Mungkin sebagian dari mereka telah menemukan kehidupan yang gemilang, walau banyak juga yang kehidupannya hanya biasa saja. Seperti apapun kehidupan mereka sekarang, tapi pasti tidak akan melupakan bahwa mereka pernah menjadi bagian dari sekolah ini.

Begitu juga dengan guru, kepala sekolah, tenaga administrasi sampai penjaga malam, terus menerus silih berganti. Ada yang purna, ada yang pindah ke sekolah lain, bahkan ada yang sudah menghadap sang Khalik. Jika semua peristiwa yang terjadi dituliskan, ribuan halaman buku sudah terisi.

Apa yang dapat kita simpulkan dari perjalanan tiga puluh dua tahun berlalu? Apakah prestasi yang ditorehkan semakin gemilang? Apakah jumlah siswanya semakin banyak? Mengingat masa ini, sekolah seolah - olah berebut siswa baru. Apakah selama siswa yang kita didik di sekolah ini bisa mendapatkan bekal yang bisa digunakan meraih cita-cita?

Jawaban pertanyaan tersebut bisa saja berbeda-beda. Tergantung pengalaman apa yang didapatkan selama bergabung di SMP Negeri 2 Sulang. Penulis sebagai guru yang sudah bertugas sejak sekolah ini berdiri (sudah lama banget ya) melihat bahwa keberhasilan satu sekolah tidak bisa ditentukan oleh usia. Karena setiap usia memiliki keunggulan tersendiri, memiliki pesona tersendiri. Yang penting sebagai bagian dari sekolah ini kita memiliki visi yang sama, bekerja sebagai team yang memiliki tujuan yang sama baik siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Sebagai siswa, mari tingkatkan prestasimu, tunjukkan kepribadian yang religius, berakhlak dan berbudaya. Sebagai guru mari kita bangun masa depan siswa dengan perhatian penuh pada mereka.

Apa yang terjadi hari ini, biarkan bercerita pada hari berikutnya. Hari akan terus bergulir, bulan berganti, tahun berganti, demikian juga siswa akan terus berganti. Satu yang harus kita sepakati: Bergerak bersama, makin berprestasi, makin keren.

05052023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post