Mei Impiyani

Sebagai seorang Guru Bimbingan Konseling yang berpengalaman, saya memiliki komitmen untuk membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka. Saya berdedikasi untuk...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL DWI MINGGUAN 1.3
JURNAL DWI MINGGUAN 1.3

JURNAL DWI MINGGUAN 1.3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

Selamat bertemu lagi dengan saya Mei Impiyani, S.Psi,  Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SMA Negeri 1 Widodaren Kab. Ngawi. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak.

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:   

1. Facts( Peristiwa)

2. Feelings ( Perasaan)

3. Findings ( Pembelajaran)

4. Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:

1. Facts(Peristiwa)

Pada pertengahan bulan September yaitu tanggal 15 September 2023 saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila . dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendikan.

Pada tanggal 16 September 2023 ­­saya mengikuti Lokakarya 1, bertempat di SDN Margomulyo 1 Ngawi, dari jam 07.30 sampai jam 15.30 WIB, Di buka dengan Apel Bersama Ibu Lena, beliau adalah Kacab Madiun Dinas Pendidikan Wilayah Jawa Timur dan juga Pak Yudi sebagai perwakilan dari BGBP Prov Jatim. Setelah itu kami di bagi sesuai kelas masing-masing. Saya belajar dan berdiskusi komunitas Praktisi , Mengidentifikasi Komunikasi Praktisi dan menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi, serta memahami Peran Guru Penggerak dalam menggerakkan Komunitas Praktisi, melihat potensi komunitas Praktisi, materi diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh para Pengajar Praktek , dengan diselingi ice breaking dan permainan yang bermakna  dan sangat menyenangkan.

 

 

Pada tanggal 20 September 2023 saya menjalani vcon dalam agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3 dengan fasilitator saya yaitu Ibu Habibatul Wazna, M. Pd, dengan didampingi pengajar Pratik Bpk Laurentinus Tri Is Julianto, S.Pd. Membahas materi tentang “Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA  “. Dalam diskusi dibentuk 2 kelompok. 

Dan saya di kelompok 1  bersama Ibu Lilik Aminudin, Ibu, Sunarti, Ibu Ririn Ristyana, Ibu Yenny .  Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok.

Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, gali Mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

 

Pada 21 September 2023 tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta pemberian Umpan balik dan  saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat kelompok lain. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan di kegiatan presentasi tesebut.

Pada tanggal 22-25 September kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya, Due Date penugasan mandiri demontrasi Konstektual pada tanggal 28 September 2023, Namun saat itu saya mengalami musibah sehingga saya terlambat untuk unggah tugas..

Pada tanggal 26 September 2023  kita vcon dengan Instruktur Ibu Wahyu Ekawati dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kita berkarya. Di tanggal yang sama saya mulai mengerjakan tugas Koneksi antar materi yang jatuh pengumpulan tugasnya tanggal 2 Oktober 2023.

 

2. Feelings ( Perasaan )

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat  visi gambaran untuk mewujudkan murid  yang berkarakter baik dimasa mendatang.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). 

Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu " “Mewujudkan Murid yang Beriman, Beradab, Berprestasi Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila”. Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan secara khusus yaitu " Mewujudkan Pelayanan BK yang menyenangkan (BK Sahabat Siswa)”. Melalui Layanan BK dengan pendekatan humanis dan merancang program Konselor Sebaya. Konselor sebaya ini bertujuan untuk membentuk kelompok konselor sebaya di sekolah untuk membantu mensosialisasikan peran dan fungsi bimbingan konseling, meningkatkan kompetensi diri (pribadi yang positif) agar mampu menjadi konselor, membantu memecahkan permasalahan teman sebaya melalui kegiatan konseling.

 

Melalui  layanan yang menyenangkan yang berpihak pada murid sehingga membuat murid lebih nyaman dan tidak takut untuk dating ke Guru BK, sehingga mereka bisa berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan baik Pribadi, Belajar, Sosial dan Karirnya. Sehingga penerapan layanan seperti itu nantinya memperkuat ikatan siswa dan guru BK, membuat siswa terbuka dan di harapkan mampu memecahkan permasalahan dan sikap perilaku lebih baik. Hasil akhir dari perjuangan Panjang tersebut mampu membawa perubahan siswa menjadi siswa yang beradab/ berakhlak yang baik. Layanan BK yang menyenangkan dapat terwujud dengan melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak.

 

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak.

 

Salam Guru Penggerak !!!

 

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

 

 

 

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post