Meike Imelda Wachyu

Meike Imelda Wachyu lulusan Bahasa dan Sastra Inggris S1, UNSIL Universitas Siliwangi Tasikmalaya tahun 1998 kemudian tahun 2015 menyelesaikan pr...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesepakatan Kelas G.Meet

Kesepakatan Kelas G.Meet

Pertemuan kelas perdanaku Bahasa Inggris kelas X diawali dengan Google Meeting. Link Gmeet di share beberapa jam sebelum kegiatan pembelajaran di grup whatsapp kelas. Sambil menunggu peserta didik masuk kelas gmeet, Aku memperdengarkam musik yang membuat kelas relax dan santai.

Beberapa siswa sudah ada di ruang gmeet, dan ada yang minta izin masuk kelas. Karena belum semua hadir di room, mereka mengisi absen di google form yang dibagikan di chat gmeet. Tak lupa salam, sapa dan senyum sebagai perkenalan awal kepada anak-anak. Mengawali pertemuan kita saling berkenalan, pribahasa mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang. Siswa baru pastinya mempunyai teman baru, lingkungan baru dan guru baru.

Selama Gmeet berlangsung diwajibkan peserta didik on cam. Diantara beberapa ada yang oncam dan sebagian off. Akhirnya mereka oncam juga saat harus berkenalan dengan semua yang ada di ruang gmeet. Terlihat dari siswa ada yang lelah dan aku minta mereka untuk mengatakan ekspresi mereka saat ini dalam satu kata. Hampir beberapa daro mereka mengatakan bahwa mereka lelah dan bosan, serta matanya sakit dikarenakam ada didepan layar HP atau laptop yang cukup lama.

Jadwal Bahasa Inggris di pagi hari Aku minta anak-anak ke luar ruangan out door. Mereka diminta untuk duduk di beranda rumah sambil berjemur. Agar tidak terlihat bosan dalam pembelajaran dengan menggunakan gmeet mereka melihat lingkungan diluar sekitar rumah mereka. Terlihat rumah mereka ada yang dekat pematang sawang dan kolam ikan.

Mengingatkan mereka unfuk menjadi kesepakatan bahwa saat oncam harus menjaga kebersihan kelas. Maksudnya kebersihan ruangan gmeet. Misalnya saat video on harus melihat backgroud ruangan apakah rapi atau tidak. Selain itu juga harus menjaga sikap dan kata-kata selama pertemuan berlangsung. Aktif bertanya dan mengungkapkan kendala masalah selama belajar dari rumah.

Rasa rindu terobati saat Aku melihat wajah cantik, tampan dan mungil di layar gmeet. Merekalah murid yang selalu aku rindukan. Dengan pakaian seragam yang sudah lama tak kulihat langsung selama pandemi. Sehat semua ya anak-anak, jaga stamina dan imun kalian agar bisa mengikuti pembelajaran dari rumah yang lumayan cukup melelahkan ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post