Meilia utami

Guru SMP IT Al Kahfi Pasaman Barat. Berasal dari Kenagarian Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Menulis, mengalir. Bagian dari kehidupan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membiasakan Jujur

Membiasakan Jujur

Biasanya, sebelum masuk pembelajaran. Di beberapa kelas, saya menuliskan kata mutiara/kata bijak untuk para siswa di papan tulis. Mengambail sedikit waktu saja.

Hari ini, temanya jujur. "Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit untuk diperbaiki" (Bung Hatta).

Jujur, dalam Bahasa Arab dikenal dengan istilah ash shidqu atau shiddiq, memiliki arti nyata atau berkata benar. Artinya, kejujuran merupakan bentuk kesesuaian antara ucapan dan perbuatan atau antara informasi dan kenyataan. Lebih jauh lagi, kejujuran berarti bebas dari kecurangan, mengikuti aturan yang berlaku dan kelurusan hati.

Sifat jujur, harus dibiasakan mulai saat ini juga, untuk kita bersama. Terlebih juga untuk para siswa di sekolah. Biasanya kejujuran seseorang akan terlihat saat mengikuti ujian. Jika sudah terbiasa jujur, maka ia tidak akan menyontek. Tapi sebaliknya bagi yang belum.

Ini tugas kita bersama, tugas diri sendiri untuk membiasakan, tugas guru untuk mengingatkan muridnya, tugas orang tua dalam mendidik anaknya. "Bisa karena terbiasa". Jika sudah dibiasakan dari kecil, maka akan terbiasanya hingga besar nanti.

“Sesungguhnya ash shidq (kejujuran) itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu menunjukkan ke surga dan sesungguhnya seorang bermaksud untuk jujur sehingga dicatatlah di sisi Allah sebagai seorang yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu menunjukkan kepada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan itu menunjukkan kepada neraka. Sesungguhnya seorang itu bermaksud untuk berdusta sehingga dicatatlah di sisi Allah sebagai seorang yang suka berdusta.” (Muttafaq ‘alaih).

https://www.instagram.com/p/B4taXWJn_Vy/?igshid=1n0atvfq6zbdv

Pasaman Barat, 11/11/2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post