Adee Meitasari

Membaca untuk ditulis Menulis untuk dibaca Minimal untuk pengingat diri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Filosofi Sawang Sinawang

Filosofi Sawang Sinawang

Fiosofi Jawa tentang hidup :

Urip Iku Sawang Sinawang, Sing Ketokke Luweh Kepenak Durung Mesti Kepenak, Sing Ketokke Rekoso Durung Mesti Rekoso

Hidup itu adalah melihat terhadap orang lain, orang yang terlihat bahagia belum tentu bahagia, namun orang yang terlihat susah belum tentu susah.

Sebuah persoalan “melihat orang lain” dan “dilihat orang lain” sudah sering kita jumpai bahkan sedang saya alami juga sekarang.

Ungkapan yang memiliki nilai positif, tidak baik kita cepat-cepat menilai dan menghakimi orang lain hanya berdasar kesan dan penglihatan atau hanya berdasar kata orang, berprasangkan baik lebih didahulukan dan diutamakan ketimbang prasangka buruk.

dan jangan pula mudah silau atau iri melihat orang lain yang kelihatannya mewah dan gemerlapan hidupnya, hidup sejatinya hanya saling memandang dan menduga-duga, di balik kemegahan hidup seseorang, pasti menyimpan problem yang disembunyikan, karena tak ada kehidupan tanpa ada masalah.

Sering kali orang terkecoh dengan penampilan seseorang yang kelihatannya miskin atau sederhana, ternyata memiliki kekayaan yang berlimpah atau meski hidupnya nampak sederhana namun memiliki kebahagiaan hidup yang tidak kita punyai.

Karena itu, ojo gumunan jangan mudah kagum terhadap penampilan seseorang. Jangan mudah silau lalu minder atau berkecil hati Ojo kagetan, Jangan mudah kaget melihat dan bertemu seseorang yang penampilan awalnya memukau.

Filosofi sawang sinawang juga membuat kita banyak bersyukur dan menikmati hidup rumput tetangga memang sering nampak lebih hijau

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post