Meliyana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Perawatan Setelah BedahOperasi Hewan Non Emergency

Perawatan hewan pasca operasi non emergency, perlu dilakukan pemilik agar hewan cepat pulih dan meningkat kesehatannya dan harus didukung dengan lingkungannya, antara lain :

1. Pasca pemberian obat bius, hewan masih ada efek mengantuk dan kurang aktif, yang waktunya berbeda-beda tergantung kondisi hewan, obat bius yang digunakan dan jumlah obat biusnya. Jangan mengganggu hewan yang masih membutuhkan periode istirahat dan pemulihan setelah operasi agar hewan tidak stres

2. Tempatkan hewan dalam ruangan kecil dan hangat selimut agar hewan beristirahat dengan nyaman, tidak terlalu banyak menggerakkan badan, terutama di luka paska operasi. Jangan diletakkan di lantai atau alas yang keras dan dingin. Hal ini untuk menghindari guncangan dan pendarahan di bagian yang dioperasi. Batasi kegiatannya selama 1-2 minggu setelah operasi.

3. Gunakan Elizabeth Collar, corong pelindung untuk mencegahnya menjilat, menggaruk, menggigit, atau menarik luka operasi / jahitannya. Pastikan e collar tidak mengganggu hewan unjuk makan dan minum. Atau bisa juga menggunakan baju kaos, bisa berbahan katun, yang menutupi tubuh hewan dan melindungi daerah jahitan paska operasi

4. Rutin memberikan obat paska operasi dengan jumlah dan waktu sesuai yang diresepkan dokter hewan

5.Secara umum, energi sudah mulai kembali sehari setelah operasi. Dan perilaku normalnya mulai kembali sekitar 48 jam pasca operasi. Selama sekitar 2 hari pertama paska operasi, berikan sedikit demi sedikit, bisa setengah porsi normalnya. Jika sekitar hari ketiga atau keempat, hewan sudah kembali beraktivitas, disiplikan pola makan, tidak kekurangan dan juga tidak terlalu berlebihan makanan.

6.Sekitar 5-10 hari paska operasi, bisa dibuka perbannya, dan bisa dibantu dengan oles minyak goreng di sekeliling perban. Periksa luka jahitan untuk memastikannya sembuh dengan benar dan tidak ada tanda-tanda infeksi. Jaga agar luka operasi dan daerah sekitarnya bersih dan kering, agar tidak terinfeksi. Jika lukanya terkena basah, keringkan dengan hati hati menggunakan kassa, kapas atau kain bersih. Perban ulang jika masih ada jahitan terbuka. Jika ada nanah bisa diberikan betadin terlebih dahulu sebelum diperban ulang. Kembali ke dokter hewan sesuai yang dijadwalkan jika harus dilepas jahitannya.

7. Jangan biarkan lalat hinggap di area luka karena lalat bisa bertelur di daerah luka.

8.Sekitar 2 pekan pertama paska operasi, hewan jangan dimandikan dulu agar luka operasi benar-benar kering .

9. Jika pemilik hewan melihat hewan paska operasi ada gejala perdarahan, muntah, diare, sembelit, kekurangan nafsu makan/ minum, depresi, lemah, lesu, menggigit, demam, nafas berat atau gejala sakit lainnya, harus kembali untuk konsultasi ke dokter hewan agar gejala yang dilihat dapat cepat ditangani

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post