Mellisa Nasution

Ibu (agak) muda yang senang sekali menulis dan menuangkan isi pikirannya. Memperhatikan hal-hal baru di sekeliling untuk dibagikan kepada siapapun yang membutuh...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memilih Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Yang Tepat
Sebenarnya, bunda tidak perlu lagi memberikan vitamin daya tahan tubuh anak. Asalkan bunda sudah berhasil memberikan ASI eksklusif, daya tahan anak sudah sangat kuat.

Memilih Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Yang Tepat

Sebenarnya, bunda tidak perlu lagi memberikan vitamin daya tahan tubuh anak. Asalkan bunda sudah berhasil memberikan ASI eksklusif, daya tahan anak sudah sangat kuat. Bahkan, menurut penelitian, seseorang yang saat masih bayi mendapatkan ASI eksklusif tidak akan mudah sakit.

Hanya saja, pencegahan tetap harus dilakukan. Bagaimanapun juga, bakteri atau virus sekarang ini semakin kuat. Maka dari itu, bunda perlu juga memberikan vitamin kekebalan tubuh yang bagus.

Makanan dan Minuman Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Bunda bisa saja membelikan produk vitamin untuk kekebalan tubuh anak. Namun, tunggu dulu. Bunda bisa coba untuk memberikan makanan atau minuman berikut ini.

Susu KedelaiJika bunda selama ini sudah memberikan susu sapi, itu sudah sangat cukup. Hanya saja, bunda bisa sesekali memberikan susu kedelai. Misalkan saja bunda berikan susu kedelai di waktu sarapan. Kandungan susu kedelai sangat penting sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti flavonoid. Ini sebenarnya pigmen yang membuat tanaman berwarna hijau, layaknya kedelai. Hanya saja, kandungan ini juga berperan untuk meningkatkan sistem imun anak. TelurSaat pergantian musim, sebaiknya bunda lebih sering membuatkan menu makanan yang terbuat dari ikan. Bunda bisa membuat variasi makanan dengan bahan tersebut. Ini penting lantaran kandungan protein di dalam telur sangat bagus untuk menjaga daya tahan anak. MaduSangat disayangkan karena tidak banyak anak yang suka madu. Padahal, ini termasuk vitamin kekebalan tubuh yang bagus. Sama halnya dengan telur, di dalam madu terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Protein ini berperan untuk meningkatkan sistem imun anak. JerukSalah satu buah yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah jeruk lantaran kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Namun, bukan berarti bunda hanya bisa memberikan buah yang ini saja. Buah lainnya juga boleh asalkan kandungan vitamin C nya tinggi seperti jambu, pepaya, dan stroberi. YogurtJika anak sudah berusia 2 tahun, bunda bisa berikan yogurt. Ini juga sama seperti susu. Hanya saja, yogurt mengandung prebiotik yang tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tapi juga untuk sistem kekebalan tubuhnya.

Makanan dan minuman tersebut di atas mengandung vitamin daya tahan tubuh anak. Sebaiknya, makanan tersebut bunda lebih sering berikan ketika musim hujan tiba. Pasalnya, pada saat itu, anak rentan sekali sakit.

Jangan Hanya Mengandalkan Vitamin

Ada banyak sekali anak yang sudah mendapatkan makanan bervitamin tinggi tapi tetap saja sakit. Bunda tahu kenapa? Karena mendapatkan vitamin saja tidak cukup.

Sistem kekebalan tubuh anak juga dipengaruhi oleh bagaimana kualitas tidurnya. Saat tidur, sistem imun anak melakukan perbaikan. Jika anak tidak cukup tidur atau tidur tapi tidak berkualitas, sistem kekebalan tubuh tidak akan menjadi lebih baik.

Selain itu, aktivitas fisik juga mempengaruhi daya tahan tubuh anak. Maka dari itu, jadwalkan kapan anak harus istirahat dan kapan waktu anak beraktivitas. Akan lebih baik jika bunda mengajak anak beraktivitas di luar ruangan ketika pagi dan sore hari. Biarkan tubuhnya mendapatkan sinar matahari. Itu bagus untuk daya tahan tubuhnya.

Terlepas dari hal tersebut, harus dipahami juga bakteri dan virus itu semakin lama semakin kuat. Oleh sebab itu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja tidak cukup. Ini harus dibarengi dengan menjaga kebersihan lingkungan agar bakteri dan virus tidak berkembang di sekitar rumah. Ini hal yang tak kalah penting dibandingan dengan vitamin daya tahan tubuh anak.

Cek artikel lainnya juga yuk di sini: https://www.ibudanbalita.com/forum/diskusi/vitamin-untuk-nafsu-makan-dan-daya-tahan-tubuh-anak

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post