Melvin Irawansyah

Seorang pembelajar. Berusaha mengajarkan apa yang telah dipelajari. Menggores karya dengan hati. Salam Literasi. Untuk saling sapa di media sosial, bisa b...

Selengkapnya
Navigasi Web
Amalan-Amalan di Bulan Romadhan

Amalan-Amalan di Bulan Romadhan

#Ulaspen

Ulasan pendek

Seputar Romadhan

#Harike4

Amalan-amalan di bulan Romadhan

Bulan Romadhan adalah bulan di mana semua amalan Allah lipatgandakan pahalanya, pintu surga terbuka lebar, artinya peluang untuk dapat masuk surga di bulan Romadhan sangat besar sehingga Allah menyediakan pintu khusus untuk ahli puasa dengan sebutan babur royyan (pintu Ar-Royyan). Pintu neraka ditutup dan syaithan dibelenggu, yang bermakna bahwa godaan yang kita alami sangat minim kecuali berasal dari hawa nafsu kita sendiri.

Dari kita bangun tidur sampai kita tidur kembali sehari semalam telah Allah sediakan begitu banyak peluang amal yang dapat kita lakukan. di antaranya:

1. Tilawah Al-Qur’an. Kalau di luar Romadhan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjanjikan setiap huruf yang kita baca bernilai sepuluh pahala, maka di bulan romadhan Allah melipat gandakan pahala tersebut bagi yang Ia kehendaki. Jika kita niatkan minimal satu hari satu juz maka insyaaAllah selesai romadhan kita dapat khatam satu Al-Qur’an 30 juz.

2. Puasa. Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam hadits qudsi, “semua amalan anak Adam untuknya kecuali puasa, sesungguhnya ia milikKu dan Aku-lah yang akan membalasnya”. Puasa inilah amalan utama dalam bulan Romadhan. Setiap muslim yang sudah aqil, baligh wajib melakukannya. Jika ia berhalangan karena sakit dan safar (perjalanan) maka ia tetap wajib menggantikannya di hari yang lain di luar bulan Romadhan.

3. Berbuka puasa, dalam berbuka ada pahala yang Allah janjikan, bukankah kebahagian seorang yang sedang berpuasa itu saat ia berbuka dan saat ia bertemu Robbnya? Bahkan Rasulullah juga menegaskan, “seorang yang sedang puasa akan senantiasa dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbukanya ketika sudah datang waktunya”.

4. Qiyamullail. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “barangsiapa yang melakukan qiyamullail dengan iman dan penuh pengharapan maka diampuni segala dosanya yang telah lalu dan yang akan datang”. Jika diluar romadhan kita melakukan qiyamullail dengan tahajjud, maka di bulan Romadhan kita dapat melakukan qiyamullail dengan sholat tarawih, witir, dzikir, doa dan lain sebagainya.

5. Sahur. Allah subhanahu wata’ala senantiasa mengampuni dosa hambanya yang meminta ampunan kepadaNya, apalagi jika dilakukan ketika waktu sahur. Di dalam sahur juga terdapat keberkahan yang tidak terhingga, Rasulullah shallallhu alaihi wasallam bersabda, “bersahurlah kalian karena dalam sahur itu terdapat berkah”. Dalam sabdanya yang lain, “bersahurlah walau hanya dengan seteguk air”.

6. Memberi makan kepada orang yang berbuka. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “barangsiapa yang memberi makan berbuka kepada orang yang berpuasa maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tersebut”.

Demikianlah beberapa amalan yang dapat kita lakukan di bulan romadhan, dan tentu masih banyak lagi amalan lain yang dapat kita lakukan selain yang disebutkan diatas. Mudah-mudahan Allah subhanahu wata’ala menerima amalan kita dan kita dijadikan hambaNya yang bertaqwa. Aamiin Allahumma Aamiin.

Wallahu a’lam bis-shawab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

26 Mar
Balas



search

New Post