Menik Patmaningsih

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Keseharian saya adalah guru SD Muhammadiyah Bondowoso. Terimakasih atas diadakannya pelatihan Sagusabu II yang dapat menggugah kembali...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bersyukur Atas Nikmat Allah

Bersyukur Atas Nikmat Allah

Alhamdulillah, adalah ucapan yang biasa orang muslim ucapkan saat mendapat rezeki. Sebagai tanda syukur kita atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

Nikmat yang diberikan Allah, tidak hanya berupa materi, uang, kekayaan tetapi keselamatan, kesehatan, kelembutan hati, sabar itu juga termasuk nikmat dari Allah SWT.

Di dalam KBBI kata syukur diartikan sebagai ucapan terima kasih, senang, untung dan bahagia. Makanya kita ucapkan alhamdulillah. Alhamdulillah memasuki masa purna tugas suamiku selalu sehat dan sebagainya. Ada lagi rasa syukur kita ucapkan ketika kita jatuh misalnya, bersyukurnya karena tidak patah hanya memar saja.

Rasa syukur itu sebenarnya tidak hanya diucapkan dengan kata alhamdulillah saja. Rasa syukur bisa kita tingkatkan dengan tingkah laku dan tindakan nyata.

Rasa syukur bisa kita lakukan dengan memberi sebagian rezeki kita kepada orang lain, lebih-lebih untuk orang yang membutuhkan. Syukur juga bisa kita aplikasikan dengan lebih banyak melakukan ibadah untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT..

Rasa syukur itu diajarkan Allah dalam kitabnya yaitu surat Ibrahim ayat 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ayat dan artinya diambil dari redaksi kumparan) Semoga kita selalu dapat mensyukuri nikmat Allah dengan ucapan dan tingkah laku serta tindakan. Bondowoso, 6 Januari 2022 Menik Patmaningsih, S.Pd.SD Guru SD Muhammadiyah Bondowoso
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post