Menik Patmaningsih

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Keseharian saya adalah guru SD Muhammadiyah Bondowoso. Terimakasih atas diadakannya pelatihan Sagusabu II yang dapat menggugah kembali...

Selengkapnya
Navigasi Web

Doa Saat Tertimpa Musibah

Doa Saat Tertimpa Musibah

Saat kita kesulitan, merasa tidak ada jalan keluar, maka kita akan sangat sedih. Kesedihan akan membawa penderitaan. Terkadang kita akan putus asa. Karena penderitaannya dia akan merasa puas jika bunuh diri saja. Karena dengan bunuh diri seolah-olah kesulitannya menjadi selesai. Padahal tidak demikian.

Ingat cerita nabi Yunus AS yang ditelan ikan paus saat diceburkan ke laut oleh umatnya. Betapa tersiksanya beliau di dalam perut paus. Beliau teringat akan dosanya yang telah meninggalkan umatnya. Beliau menyesali dan mohon ampunan atas kesalahannya. Sungguh nabi Yunus saat iru dalam kesulitan.

Allah yang maha pengampun menerima taubatnya. Beberapa waktu kemudian Paus memuntahkan isi perutnya ke pantai. Isi perut yang berisi nabi Yunus AS. Selamatlah beliau dari santapan Paus. Tidak hanya selamat saja beliau dari perut paus, tapi Allah memberi rezeki yang tidak beliau sangka-sangka, yaitu menemukan buah labu yang bergelantungan di pohonnya.

Doa nabi Yunus dapat kita contoh dalam memohon dikeluarkan dari kesulitan dan kesusahan. Doa ini diabadikan oleh Allah dalam kitab suciNya Al-Quranulkarim yaitu dalam surat ke-21 Surat Al-Anbiya' ayat 87 yang berbunyi

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Terjemah Arti: Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim".

Semoga Allah mengabulkan doa-doa kita, Aamiin.

Bondowoso, 10 Januari 2022

Menik Patmaningsih, S.Pd.SD

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post