Meria Fitriwati

Nama Meria Fitriwati, S.Pd mengajar di MAN 3 Pesisir Selatan Sumatera Barat. Berasal dari Kamang Mudik Kab. Agam Sumatera Barat. Tamatan S1 Pendidikan Bahasa In...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengukuhan Gentaqu MAN 3 Pesisir Selatan oleh Kakan Kemenag Pesisir Selatan

Pengukuhan Gentaqu MAN 3 Pesisir Selatan oleh Kakan Kemenag Pesisir Selatan

Balai Selasa, Humas -- Kakan Kemenag Pesisir Selatan H. Abrar Munanda mengukuhkan kegiatan GENTAQU (Gerakan Cinta Alquran) MAN 3 Pesisir Selatan pada hari Jum'at (23/10) di musholla Madrasah Aliyah Negeri 3 Pesisir Selatan. Pengukuhan ini disaksikan oleh Pimpinan Madrasah Aliyah Negeri 3 Pesisir Selatan H. Aprisal beserta seluruh guru dan para pegawai MAN 3 Pesisir Selatan. 

 

Gentaqu merupakan program dari kementerian agama. Untuk itu, MAN 3 Pesisir Selatan telah mewujudkannya sejak digulirkan program ODOJ (One Day One Juz) oleh Kantor Kementerian Agama sebagai syiar Ramadhan tahun 1441 H. Gentaqu MAN 3 Pesisir Selatan memiliki beberapa kegiatan khusus, yaitu:

1. Tilawah dan khatamal quran bagi Guru dan Pegawai serta siswa/i

2. Tahfizul Qur'an 

3. Menulis Mushaf Qur'an.

 

Kakan Kemenag H. Abrar Munanda juga menegaskan bahwa, "Selain membaca dan menghafalnya, menuliskan mushab adalah salah satu bukti kita cinta Al-Qur'an," ungkapnya

 

 Mustamir, Waka di bidang Kurikulum yang bertindak sebagai kontroling mengatakan, "

Sejak adanya ODOJ, kebiasan membaca Alquran yang menandakan bukti cinta Qur'an terus dilakukan oleh guru dan pegawai MAN 3 Pesisir Selatan dan telah beberapa kali putaran khatam dilakukan," tuturnya. 

 

Hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober adalah hari yang dipilih untuk melakukan khatam Al-Qur'an. "Momen Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2020 dipilih untuk melakukan Khatam Akbar bagi guru dan pegawai," imbuhnya. 

 

Pada kegiatan khatam Al-Quran, para guru dan pegawai diberi kesempatan membaca Al-Qur'an secara bergantian dari surat Ad-Dhuha sampai surat An-Nas. Teristimewa untuk surat Al ikhlas, Al Falaq An-nas dibaca tiga kali berturut-turut setelah sebelumnya pembacaan ummul Qur'an dibaca secara bersama-sama. Setelah itu pembacaan doa khatam Qur'an yang dipimpin langsung oleh Mustamir menjadi agenda penutup dari serangkaian kegiatan program khatam Qur'an tersebut. (meria fitriwati)

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa bund programnya. Salam sukses selalu.

23 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Ibuk

23 Oct



search

New Post