Meynia

Seorang guru SD, asli dari Bogor, mengajar di daerah Tangerang. Nama asli Nia Kurniasih tapi di medsos lebih dikenal dengan Meynia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penggunaan Wikipedia dalam Pembelajaran
Meynia

Penggunaan Wikipedia dalam Pembelajaran

Wikipedia merupakan ensiklopedia daring terbesar di dunia. Penggunanya mencapai ratusan juta orang yang tersebar di ratusan negara. Di Indonesia sendiri, Ensiklopedia Wikipedia sudah ada dalam Bahasa Indonesia. Bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Wikipedia menyelenggarakan lokakarya penggunaan Wikipedia dalam Pembelajaran pada 12-14 Mei 2023 bertempat di Gedung Guru Indonesia, jalan Tanah Abang 3 No.24 Jakarta Pusat. Peserta Lokakarya berjumlah 20 orang terdiri dari guru dan dosen dari berbagai tingkat dan wilayah Jabodetabek. Bahkan ada satu peserta terjauh dari Kudus, Jawa Tengah yang merupakan dosen dari IAIN Kudus di Jawa Tengah.

Sehari sebelum pelaksanaan seluruh peserta mengikuti zoom untuk mengenal Wikipedia dipandu oleh Mbak Amy, sebagai pengantar dan pengarahan kegiatan lokakarya.

Hari pertama pelaksanaan Lokakarya, peserta diberikan materi bagaimana cara mengakses informasi melalui wikipedia. Hari kedua mengevaluasi informasi dan hari ketiga dengan materi bagaimana memproduksi informasi.

Fakta unik dari Wikipedia adalah Ternyata memang benar, bahwa Wikipedia tidak bisa dijadikan sebuah referensi karena kita perlu kritis dalam membaca dan menerima informasi, tutur Anisha Setyaningrum salah satu peserta lokakarya dari Kudus. Mengapa demikian, karena isi dari artikel Wikipedia dapat diedit oleh siapa saja pengguna sehingga kredibilitasnya diragukan.

Selain itu, dipaparkan juga oleh Mbak Amy bahwa setiap pengguna Wikipedia harus patuh terhadap beberapa aturan diantaranya adalah berprasangka baik, memperlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan, memperhatikan kesopanan, masuk log jangan lupa tanda tangan ketika berkomunikasi terutama dalam diskusi dan yang terakhir jangan menyerang pengguna baru.

Sebagai prasyarat dalam memperoleh sertifikat lokakarya tersebut, di hari ketiga peserta diminta untuk mengerjakan tugas. Merefleksi lokakarya, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serta membuat video Presentasi cara menggunakan Wikipedia dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Semoga kegiatan lokakarya tersebut bermanfaat dan seluruh peserta dapat mengaplikasikan Wikipedia dalam proses pembelajaran.

@Meynia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post