M. Hasim

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TULISAN ITU JIWA DAN RAGA
https://meetdoctor.com/uploads/article/obat-sakit-kepala.jpg

TULISAN ITU JIWA DAN RAGA

Ini tentang tulisan lagi. Tulisan itu ungkapan rasa, juga jiwa dalam asa. Tulisan itu ungkapan pikiran, juga jiwa dalam renungan. Tulisan tidak melulu baik dan indah. Tulisan tak melulu buruk dan susah. Jika bagus kau dipuji. Jika buruk kau dikritiki. Tidak etis, jika buruk tulisanmu lalu dihina. Ajaran siapa? Tidak ada kan ya. Pujian memang penyemangat. Tapi, jangan terlalu berharap. Meski kamu perlu berbuat (tetap memuji maksud saya).

Tulisan itu melibatkan keikhlasan jiwa dan raga. Jiwamu tidak kasat mata dan ragamu dapat kau sentuh. Jiwa dan raga artinya jiwamu dulu barulah ragamu. Sudah kayak lagu “Indonesia Raya” saja ya. Haha. Kita lanjut ya. Tulisanmu melibatkan jiwa, ketika membatin dan berpikir agak lama. Tulisanmu melibatkan raga panca indera, ketika tampak dan tersentuh.

Kamu bingung, sakit kepala atau pusing, dan hampir gila? Kamu bimbang, sakit hati atau mati rasa, dan bahagia? Hanya satu kata, “tulislah”. Tulis isi kepalamu. Tulis juga isi hatimu. Ungkapkan, jangan pandang bulu dan dibiarkan membeku kaku.

Apa yang terlihat oleh mata? Tulislah. Apa yang tercium oleh hidung? Tulislah. Apa yang terasa oleh mulut lidah? Tulislah. Apa yang terdengar oleh telinga? Tulislah. Tulislah dengan tanganmu, jangan kau tulis dengan tangan orang lain. Sebab, orang yang tak bisa menulis hanya orang yang tak punya tangan. Ini terlepas dari cerita orang yang mampu menulis dengan kaki dan mulut ya kan.

Tulislah benar jika benar. Tulislah salah jika salah. Tandanya kamu jujur. Tulislah benar jika salah. Tulislah salah jika benar. Tandanya kamu sang pendusta. Kadang kamu jujur kadang kamu dusta. Itulah manusia. Tulis saja. apa salahnya? Malu iya asal sikap semakin beradab.

Kamu ingin menulis? Tulislah sekarang juga. Jangan tunggu besok karena kamu punya lupa. Lupa itu penyakit jiwa dan raga. Sebab, besok lain lagi ceritanya. Mitosnya, menulis itulah obat sakit kepala. Hua hua!

Sejenak dalam lelah kusempatkan tuk menulis. Ketika tugas, menumpuk tidak jelas.

Penulis adalah peserta pelatihan menulis SAGUSABU Pangkalan Bun

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ayo, "Tulislah sekarang juga." Top banget.

30 Jul
Balas

terima kasih Bapak Yudha.

30 Jul
Balas

Lupa itu penyakit jiwa dan raga. Deg, aku. Yang sering dihinggapi. Btw, keren banget start to finishnya.

30 Jul
Balas

Mantap...

30 Jul
Balas

Jujur, tulisan ini oke banget. Aq ngk bs nulis sperti ini

30 Jul
Balas

Amazing

30 Jul
Balas

bapak, lebih amazing

30 Jul

Keren MENULIS ADALAH JIWA DI antara semerbak wanginya sebuah ilmu, adalah kebaikan jika berbagi sebuah pengetahuan berupa bacaan keseharian. Banyak kalimat menghampiri perjalanan otak manusia di keseharian, sebaikmya tuangkan dalam wadah, yang terbaik adalah mencoba sesuatu pembaharuan.

30 Jul
Balas



search

New Post