Miftah Hatul husna

Guru BK SMA NEGERI 3 Payakumbuh...

Selengkapnya
Navigasi Web
Optimalisasi Liveboard Sebagai Media Pembelajaran

Optimalisasi Liveboard Sebagai Media Pembelajaran

live bord adalah aplikasi yang merubah Android menjadi papan tulis interaktif untuk menulis dan menggambar. aplikasi ini juga dilengkapi dengan peralatan yang dapat diugunakan untuk melakukan banyak hal.Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendikia yang bekerjasama dengan Komunitas Guru Masa Depan (KGMD) ingin meningkatkan mutu tenaga pendidik di Indonesia sehingga mengadakan Training of Coach (TOC) “Optimalisasi Liveboard sebagai Media Pembelajaran dan Diskusi Daring’. Program e-diklat ini dilaksanakan dari taggal 7 s/d 16 September 2018 dengan metode daring. Rincian kegiatan yang dilakukan dimulai dari pemberian materi selama tiga hari dan magang secara mandiri di tempat bertugas selama satu minggu. Kegiatan magang penulis lakasanakan di SMA Negeri 3 Payakumbuh dengan sasaran layanan siswa/i kelas X MIPA 4. Materi layanan yang diberikan berupa layanan informasi tentang Hak dan Kewajiban. Media pembelajaran yang dijadikan adalah livebord. Metode yang digunakan adalah diskusi daring. Hal-hal yang dipersiapkan sebelum magang diantaranya:1. Smartphon Android2. Paket data3. Penyimpanan Exsternal dan Internal yang memadai4. Penentuan kelas yang akan dijadikan sebagai sasaran layanan. 5. Membagi materi menjadi beberapa kali pertemuan 6. Mengumpulkan semua softcopy dan hard bahan ajar untuk persiapan membuat materi di kelas persentasi nantinya.7. Mengubah materi powerpoin yang telah ada menjadi format JPG.8. Membuat jadwal untuk melaksanakan kegiatan daring9. Melaksanakan kegiatan daring.Kegiatan layanan dipusatkan di ruangan Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 3 Payakumbuh. Saat proses layanan berlangsung, beberapa siswa ada yang berada di rumah, taman sekolah, kelas dan ruang Bimbingan Konseling. Proses layanan berjalan dengan cukup lancar, asik, dan menyenangkan. Siswa antusias dan bertekat untuk mengikuti layanan lanjutan dengan metode daring ini. keantusiasan siswa membuat penulis merasa bahagia dan tertarik untuk mempraktekan kegiatan ini di kelas lainnya. Setelah melakukan kegiatan ini penulis merasakan bahawa begitu banyaknya manfaat aplikasi ini dalam media pembelajaran. Manfaat yang penulis rasakan tersebut diantaranya:1. Siswa dapat mengetahui dan memanfaatkan aplikasi liveboard dalam belajar2. Siswa dapat belajar secara mandiri melalui daring dimana pun berada3. Pendidik dapat memanfaatkan media livebord dalam proses pembelajaran dengan lebih maksimal3. Liveboad dapat menghemat waktu dan tempa

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah sepertinya belajar makin asyik ya Bu. Boleh dong Bu share ilmunya

21 Sep
Balas

alhamdulillah iya bu,,,sangat asik sekali,,, :) boleh bu,,, mari belajar bersama..

21 Nov

hai mbak mifta hatul husna, salam cendekia ya...aku mohon ijin ngeshare bole nggak?

29 Sep
Balas

maaf baru balas bu,, iya bu,,, boleh sekali bu,, silahkan,,

21 Nov



search

New Post