Miftah Novi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

APAKAH JAMAAH SEBATAS DONATUR TETAP SAJA

Jauhnya rasa kecintaan umat terhadap masjid pada saat sekarang ini, bukan merupakan konsekwensi tragis, tetapi yang lebih dominan adalah; tidak jelasnya konsep pengelolah masjid yang dapat dirasakan jamaah manfaatnya secara langsung, keculai hanya sebagai sarana ibadah semata, dan makin terasa kalau jamaah/umat hanya dijadikan sebagai “donatur tetap” demi kemegahan bangunan masjid dan prasarana lainnya.

Selama ini fungsi masjid baru berada pada tahap sebagai sarana ibadah, dan sedikit sekali bidang sosial dan kegiatan muamalah terperhatikan sehingga sulit menarik kecintaan masyarakat untuk menghidupkan / memakmurkan masjid.

Oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab bersama terutama pengurus masjid yang dimanakan untuk mengelola dan memfungsikan masjid dalam artian luas,

Tidak selayaknya lagi pengurus hanya sekedar mengumpulkan dana dari jamaah (jamaah sebagai donatur tetap) baik berupa sedekah, infak, zakat, hadiah maupun dalam bentuk lain, yang oreantasinya hanya pembangunan bidang fisik saja.

sementara jamaah atau masyarakat tidak merasakan dampak dari apa yang telah berikan kepada masjid, kecuali hanya sedikit sekali. Adapun masjid yang ideal adalah : “makmurnya masjid dengan jamaah dan dengan adanya masjid kehidupan jamaah menjadi makmur/sejahtera”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisannya keren, sangat menginspirasi, salam

17 Jan
Balas

Jamaah dimakmurkan oleh masjid, masjid di makmurkan oleh jamaah

29 May
Balas



search

New Post