Milla Efendy

Milati Masruroh tapi dikenalnya Milla Efendy. Lahir di Brebes, 02 Mei 1979. 19 Juli 2004 - 31 September 2022 Mengajar di SMK N 1 Tonjong Kab. Brebes dan per 1 O...

Selengkapnya
Navigasi Web

Istiqomah Dalam Menulis

Menulis itu suatu keterampilan. Orang yang punya bakat menulis, kalau tidak pernah menulis pasti tidak akan menghasilkan sebuah tulisan. Sama seperti seseorang yang hanya memikirkan pekerjaan tapi tidak dikerjakan.

Melatih merangkai kata menjadi kalimat dan merangkai kalimat menjadi sebuah paragraf. Bagi penulis pemula membutuhkan sebuah perjuangan. Perjuangan mendapatkan ide yang akan ditulis. ide seringkali muncul saat suasana hati sedang galau atau sedang bahagia. Menulis rasanya seperti air yang mengalir, sebagai bentuk pelampiasan suasana hati dan pikiran yang sedang kacau atau bahagia.

Belajar menulis bagi penulis pemula itu bisa berawal dari keterpaksaan. Memiliki motivasi yang kuat untuk berlatih dan berlatih tanpa putus asa apalagi menyerah. Menulis apa pun yang dirasakan, dilihat, didengar, dan juga dipikirkan. Menulis sesuai dengan jalan pikirannya.

Komitmen menulis setiap hari yang ada dalam hati penulis pemula bisa dijadikan sebagai alat untuk melatih diri dalam menulis. Dengan berlatih menulis setiap hari, keterampilan merangkai kata-kata sederhana menjadi kata-kata yang lebih menarik untuk dibaca akan semakin terlihat. Butuh waktu untuk bisa menulis yang baik dan juga menarik.

Ketika membaca tulisan para penulis handal, tidak serta merta terus memotivasi untuk menulis, tapi justru terkadang rasa minder dan hilangnya percaya diri itu yang lebih kuat menguasai hati dan pikiran. Membaca tulisan yang bahasanya tinggi dan sulit dimengerti apalagi dipahami oleh penulis pemula.Rasa minder dan tidak percaya diri yang muncul pada penulis pemula tentunya beralasan, karena dalam pikirannya terbesit kalau menulis itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang harus pandai.

Membaca memang memiliki peranan penting dalam berlatih menulis. Dengan membaca, ide untuk menulis akan datang dengan sendirinya. Meskipun tidak harus membaca buku-buku yang isinya pengetahuan, tapi berawal dengan membaca buku-buku motivasi dalam menulis. Buku-buku motivasi itu, biasanya justru menggunakan bahasa yang ringan dan sederhana. Mengajak para pembacanya terhanyut dalam suasana yang ada dalam tulisan. Ternyata menulis itu mudah, menulis itu tidak sesulit yang dibayangakan, dan menulis itu hanya butuh latihan setiap saat dan setiap hari.

Menulis yang baik dan menarik itu butuh proses, proses yang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi membutuhkan perjuangan. Perjuangan melawan kemalasan dalam menulis dan menyisakan waktu beberapa menit di tengah kesibukan menyelesaikan seabreg pekerjaan. Menulis setiap hari dengan mengajak otak untuk selalu bekerja. Melanglang buana untuk mencari ide yang akan tertuang menjadi sebuah tulisan. Berusaha untuk menepati janji hati dan berusaha istiqomah dalam menulis setiap hari.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post