Min Hermina, SMPN 1 Cikampek-Krwg

Min Hermina, M.Pd. Saat ini mengajar di SMPN 1 Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
SCRALIMB PEMBUKA PINTU REZEKI  (4)

SCRALIMB PEMBUKA PINTU REZEKI (4)

#TantanganGurusiana

#Hari ke-357

Selasa , 19 Januari 2021

Hari yang dinantipun tiba, aku dan rekan sejawatku segera masuk ke kelas IXM.1 untuk melaksanakan PTK. Pada pertemuan ini, para siswa diberi soal pretes untuk mengetahui penguasaan kosa kata mereka.

Setelah waktu yang disediakan habis untuk mengerjakan pre tes itu, kini tiba saatnya aku memaparkan pembuatan alat peraga Scralimb. Scralimb itu istilah yang aku gunakan yang merupakan singkatan dari Scrabble Limbah. Scrabble itu merupakan permainan menyusun huruf menjadi kata yang mempunyai arti. Karena papan permainan ini harganya cukup mahal, jadi aku berinisiatif untuk membuat alat peraga dari bahan limbah. Papan permainan ini terbuat dari kardus bekas, kalender bekas serta tutup botol. Para siswa mencari barang bekas tersebut di sekitar area sekolah khususnya kantin.

Kini tiba saatnya mereka akan membuat papan permainannya. Setelah kardus bekas minuman itu disampul dengan kalender bekas berwarna putih, kini mereka mulai membuat jumlah kotak-kotaknya. Papan permainan terdiri dari 15 kolom dan 15 baris yang ditandai dengan kotak-kotak “bonus “ yang melipatgandakan jumlah poin. Kotak berwarna merah bertuliskan “ triple word “ Mengalikan 3 total poin yang didapat dari sebuah kata, kotak berwarna merah jambu “double word” mengalikan 2 total poin yang didapat dari sebuah kata, kotak biru tua “ triple letter “ mengalikan 3 nilai huruf yang diletakkan diatasnya, dan kotak biru muda “ double letter “ mengalikan 2 nilai huruf yang diletakkan diatas nya. Kotak dibagian tengah papan permainan ( H8) bernilai “ double word “ dan diberi tanda bintang atau logo.

Para siswa bahu membahu dalam mengerjakannya. Ada yang membuat kotak dengan penggaris, ada juga yang mewarnai sesuai dengan nilai kotak tersebut. Mereka Nampak kompak bekerja sama dalam menyelesaikan papan permainan itu agar terlihat menarik. Tak lupa teman sejawatku yang bertindak sebagai observer menilai proses pembuatan dan hasilnya.

Bagaimana dengan biji huruf-hurufnya ? Berapa jumlah yang diperlukan ? Semua itu akan dibahas esok hari. Bersambung.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

KerenSalam

20 Jan
Balas

Mantap kegiatannya. Pastilah siswa antusias mengikutinya ya, Bund.

19 Jan
Balas

Wahh seruuuu...

19 Jan
Balas



search

New Post