Miniarti

Miniarti, S.Pd.I Mengajar di TK Dharma Wanita Persatuan Banggai di Ibu Kota Kabupaten Banggai Laut, sebuah pulau yang terletak di kepulauan Banggai, Provinsi S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tanggung jawab Dan Amanah Lebih Utama

Tanggung jawab Dan Amanah Lebih Utama

Selama pandemi Covid-19 ini, di mana proses kegiatan belajar mengajar dihimbau hanya dilakukan dari rumah saja, untuk menghindari dan memutus rantai penyebaran virus corona. Dengan begitu kini sedang marak-maraknya KBM dilaksanakan dengan cara virtual, dan dalam jaringan entah dengan aplikasi whattsap, mesengger, telegram ataupun zoom meeting.

Namun bagi kami tenaga pengajar yang berada di lingkungan menengah kebawah dengan taraf pendidikan orang tua siswa yang lebih banyak nelayan dan petani serta buruh panggul, sangat kesulitan mengaplikasikan pemanfaatan media berbasis teknologi informatika itu dalam kegiatan belajar mengajar.

Demi tetap berlangsungnya KBM, kami memilih belajar dan membimbing siswa dengan cara di luar jaringan. Membagi tugas dengan LKS dan mengunjungi rumah-rumah siswa yang sudah dibagi dalam beberapa kelompok kecil. Mendatangi dan membimbing mereka menurut jadwal yang sudah dibagi dengan persetujuan orang tua siswa yang bersedia mengantarkan, menunggui dan digunakan rumahnya untuk belajar bersama.

Tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker atau face shield, serta tetap menjaga jarak. Dari sekolah para pendidik telah mempersiapkan diri dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan yang sudah disederhanakan, agar para orang tua yang membimbing di rumah juga bisa mencerna apa yang dimaksud para pendidik. Kerja sama yang baik dalam hal ini sangat-sangat dibutuhkan.

Jam berkunjung yang terbatas dan jumlah siswa yang banyak tidak memungkinkan para guru membimbing lebih lama. Untuk itu peranan dan perhatian dari para orang tua sangatlah mendukung tercapainya tujuan dari enam bidang pengembangan kompetensi dasar pada anak usia dini. Yakni kompetensi nilai agama dan moral, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan seni.

Demi kesehatan dam keselamatan para pendidik juga, sekolah telah menyiapkan handsanitizer, masker, dan face shield. Segala upaya ditempuh agar hak anak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran bisa terpenuhi. Dan para pendiidik terlepas dari beban, tanggung jawab dan amanah dalam menunaikan tugas pokoknya. Semua itu dilakukan demi terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Jika Daring tak bisa kami aplikasikan sepenuhnya, luringpun kami jalani demi amanah yang harus ditunaikan.

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe66Tgl18Agustus2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu Bunda ... salam literasi

19 Aug
Balas

Insya Allah Aaminnn. Mkasih doa dan kunjungannya Bun.

19 Aug

Mantap bun...moga sukses selalu

18 Aug
Balas

Alhamdulillah, sukses bersama Bun.

19 Aug



search

New Post