Miranelfiana.M.Pd

Good luck...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kaum Minoritas

Kaum Minoritas

Pengalaman Yang Menjengkelkan Di Sekolah

Saya adalah seorang guru di salah satu sekolah swasta Islam. Saya mengajar mata pelajaran Bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang sangat sulit dipahami oleh siswa. Bahasa Arab sudah terlanjur mendapat kesan sukar di benak peserta didik saya. Di sekolah peserta didik diwajibkan untuk berbahasa arab. Mereka boleh memakai bahasa “ doremi”, itu adalah istilah yang saya pakai agar mereka mau mempraktekkan berbicara dengan bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dicampur sekaligus.

Saya tidak pernah jenuh untuk memotivasi siswa agar mereka mau berbicara Bahasa Arab. Di antara mereka ada yang mempraktikan Bahasa tersebut, tetapi hanya kalau saya sedang duduk diantara mereka atau kebetulan berpapasan di jalan. Terkadang banyak juga di antara mereka yang melanggar memakai bahasa ibu.

Untuk mengatasi permasalahan ini saya sudah mempraktikan Bahasa Arab bersama dengan siswa- siswa yang mengikuti kelas Arabic Club. Selain mempraktikan Bahasa Arab di Arabic Club, saya juga melaksanakan program menambah kosakata baru setiap hari kamis. Waktu belajar yang sedikit menjadi penghambat bagi siswa untuk menumbuh kembangkan minat belajar, karena setelah pembelajaran selesai maka berakhir pula untuk berbahasa Arab.

Bahasa Arab merupakan masyarakat minoritas di sekolah tempat saya mengajar, siswa yang mengikuti kelas Arabic Club 15 orang dari 300 siswa. Saya tidak pernah berhenti memotivasi siswa-siswa agar selalu berkomunikasi dengan Bahasa Arab kendati pasif. Walaupun mereka sedikit tetapi semangat mereka menjadi obat bagi saya saat pulang ke rumah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post