Mirdayanti

Guru Biologi di SMAN 1 Kinali, Pasaman Barat,Sumbar. Seorang istri, ibu dari 2 anak dan Uci dari seorang cucu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kapan Pensiun Pak?

Kapan Pensiun Pak?

Suami saya suka misuh-misuh kalau sudah bertemu siswa yang tamat belasan tahun lalu. Karena pertanyaannya rata-rata sama, "Bapak sudah pensiun?" Tentu dijawab suami, "Belum." Biasanya akan ditanya lagi, "Masih lama dinasnya Pak? lalu dijawab suami dua tahun lagi. Lalu bila bertemu alumni lagi, maka pertanyaan yang sama akan berulang. Sebetulnya saya juga menerima pertanyaan yang sama,karena saya dan suami seumur dan mengajar pada SMA yang sama.

Saya dan suami mulai menjadi guru pada usia 24 tahun, lalu kami menikah dua tahun berikutnya. Pada tahun 90-an awal itu siswa yang melanjutkanke perguruan tinggi tidak sebanyak saat ini, umumnya karena keterbatasan ekonomi serta pola pikir masyarakat yang belum berkembang, sehingga tidak tertarik untuk membiayai anaknya ke perguruan tinggi, sehingga setamat SMA terutama yang perempuan lalu menikah.

Pada tahun 2000-an anak-anak mereka masuk ke SMA dan kami menjadi guru anak-anak mereka, saat penerimaan rapor atau rapat wali murid, maka kami akan bertemu dengan orang tua yang dulunya adalah murid kami, pada saat itulah mereka berbasa-basi menanyakan hal itu.

Jadi saya katakan pada suami saya, "Itu hanya pertanyaan basa-basi pembuka kata." Suami saya membenarkan, tapi kok sepertinya mereka sudah bosan melihat kita masih di SMA ini juga belum juga pensiun. Saya berkata lagi, "Mungkin mereka merasa sudah tua, anak mereka sudah ada yang wisuda, ini adiknya lagi yang di SMA, eh bapak dan ibu masih mengajar."

Insya Allah kami akan pensiun tahun 2026, setelah 36 tahun masa dinas. Menjelang itu, suami saya harus sabar mendengar pertanyaan berulang, "Belum pensiun Pak?"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Iya, itu karena mereka merasa udah tua hehe...... Smg sehat dan bahagia selalu, Bunda

28 Feb
Balas

Mantap

26 Feb
Balas

Terima kasih Pak Sandi

27 Feb



search

New Post