Mirdayanti

Guru Biologi di SMAN 1 Kinali, Pasaman Barat,Sumbar. Seorang istri, ibu dari 2 anak dan Uci dari seorang cucu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pencinta Sirih Gading
Sumber: Pribadi

Pencinta Sirih Gading

Saya sudah pernah menulis tentang Sirih Gading di Gurusiana pada tanggal 5 November 2020, sudah cukup lama. Di sana saya menjelaskan klasifikasi sirih gading dan manfaatnya. Pada tulisan ini tentu saya tak akan mengulangnya lagi. Saya di sini akan menuliskan, bahwa saya sukaa sekali dengan sirih gading.

Saya suka dengan sirih gading karena dia sederhana, tidak banyak tuntutan. Sirih gading bisa ditanam di pot dengan tanah yang tak perlu diberi pupuk teratur. Menyirampun tidak perlu tiap hari. Kalaupun tidak ingin meletakkannya dalam pot berisi tanah, maka sirih gading masih bisa hidup pada wadah berisi air. Baik sekali tanaman ini, tidak banyak menuntut.

Di rumah saya meletakkannya di kamar mandi di atas closet, juga di atas meja di teras. Keduanya dalam plastik bekas wadah makanan. Sirih gading yang di kamar mandi sudah lama, sudah panjang dan kemudian dibagi dan dipindahkan ke wadah yang lain.

Sirih gading bila dibiarkan hidup di tanah langsung, bukan dalam pot, maka daunnya bisa melebar, sangat berbeda dengan ukuran temannya yang ditanam dalam wadah kecil. Mereka seolah dua tanaman berbeda, padahal betul-betul satu jenis.

Walaupun saya tak menemukan bunga sirih gading, atau setidaknya belum pernah bertemu, tapi tidak masalah. Kecantikan terpancar dari daunnya yang hijau dengan bercak kuning, yang terlihat tenang dan menyejukkan.

Awal tahun ini, anak bujang saya pindah tempat kos, lalu mengabarkan bahwa ia membeli sirih gading secara on line, dan diletakkannya dalam wadah kaca berisi air. Tiga hari lalu saya tanyakan keadaan sirih gadingnya, dan ia mengatakan tanaman itu hidup dengan baik. Padahal saya tidak mengajarkan pada anak laki-laki saya tentang kecintaan saya pada sirih gading, jadi saya cukup heran dengan hal ini. Apakah kesukaan pada tanaman juga diwariskan gennya dari orang tua pada anak?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bunga yang indah. Salam sukses selalu, Bu.

25 Jan
Balas

Terima kasih kunjungannya Bu Yuria.

26 Jan

Waah tanaman sederhana tapi indah ya bun, sirih gading mmg mudah ditanam, bisa pakai media tanah maupun air...say juga suka bunda. Salam santun..

25 Jan
Balas

Betul sekali Bu, sederhana tapi indah.

26 Jan

ijin follow ya bunda

25 Jan
Balas

Silakan Bu, terima kasih. Saya juga follow balik.

26 Jan



search

New Post