Misdayani, S. Pd

Seorang guru di sekolah khusus. Pekanbaru menjadi tempat tinggalnya sejak dia ditempatkan bertugas di kota itu. Lebih dari 10 tahun telah membersamai anak-anak ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Tahun ajaran baru adalah sebuah masa yang menjadi dilema bagi sebagian orangtua. Karena pada waktu itu ada anak yang tamat dari satu jenjang pendidikan dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Sebagian lagi, mungkin kali pertama baginya memasukkan anaknya ke sekolah. Karena itu mereka galau harus memasukkan anaknya ke sekolah yang mana. Mereka mencari dan menimbang-nimbang serta membandingkan sekolah yang satu dengan yang lainnya. Orangtua pastinya akan memilih sekolah mana yang terbaik untuk buah hatinya.

Agar tidak berlama-lama dalam kebimbangan, berikut menurut hemat saya yang perlu dipertimbangkan untuk memilih sekolah terbaik untuk anak:

1. Sekolah yang dekat dengan tempat tinggal.

Mengingat mengantar dan menjemput anak adalah hal yang nantinya akan kita lakukan dua kali dalam sehari, maka masalah jarak perlu diutamakan. Jangan sampai jarak yang jauh menambah resiko pada anak maupun orangtua. Jarak yang dekat akan meminimalkan segala resiko yang mungkin terjadi. Seperti: tidak datang terlambat, resiko diperjalanan, seperti macet, hujan dan lain-lain.

2. Sekolah yang dekat dari tempat bekerja orangtua.

Bila sekolah yang dekat tidak ada yang sesuai di hati, kita bisa memilih yang dekat dengan tempat bekerja. Artinya masih tetap hemat dari dananya serta efektif dari segi waktu.

3. Biaya yang sesuai dengan kemampuan keluarga.

Ini sangat penting. Apabila orangtua memilih sekolah swasta untuk anak-anaknya, maka perlu dipertimbangkan biayanya. Sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Atau sebaliknya jangan terlalu pelit untuk mengeluarkan biaya pendidikan padahal sebenarnya kita punya kemampuan untuk itu.

4. Metode mengajar, kurikulum, serta tenaga pendidik.

Tenaga pendidik dengan basic kependidikan tentu lebih ahli dari yang bukan dengan basic pendidikan. Bukankah lebih baik menyerahkan sesuatu kepada ahlinya? Begitupun pendidikan anak-anak. Kurikulum serta metode pembelajaran. Adalah hal penting dalam pendidikan.

5. Perbandingan peserta didik dengan guru dalam satu kelas.

Peserta didik yang tidak terlalu banyak akan memudahkan guru dalam pengelolaan kelas. Kelas akan tercover dengan baik. Perkembangannya akan dapat dipantau.

6. Gedung sekolah.

Gedung sekolah yang memperhatikan kenyamanan belajar peserta didik. Gedung dengan tingkat keamanan yang tinggi, akan membuat orangtua tidak khawatir melepasnya.

7. Pelayanan guru serta karyawan sekolah.

Sekolah akan dirasakan sangat tidak nyaman apabila guru serta karyawan tidak ramah, jutek dan tidak care. Sebagus apapun gedung, dan keamanannya, tetap akan dirasakan kurang apabila tidak ada keramahtamahan dari guru dan karyawan lainnya.

Tentunya masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih sekolah terbaik. Lain kali akan dibahas lebih lanjut.

Pekanbaru, 25 Juni 2021

#Tagur_Hari_Ke345

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post